Rancang Bangun Sistem Pendukung Evaluasi Kinerja Toko Kebutuhan Rumah Tangga XYZ Menggunakan Metode User-Centered Design

Bayu Narendra Jati, Radityo Prasetianto Wibowo
Submission Date: 2022-07-26 12:46:01
Accepted Date: 2022-09-12 08:45:39

Abstract


Ritel merupakan ujung hilir mata rantai pasok yang mempertemukan antara produk dengan konsumen akhir, dimana konsumen akhir tidak akan menjual kembali produk tersebut. Persaingan dalam industri ritel terus berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Dalam menghadapi persaingan dalam industri ritel, toko kebutuhan rumah tangga XYZ terus melakukan evaluasi kinerja operasional penjualan dan pembelian toko sebagai tolak ukur pengambilan keputusan dalam operasional toko ke depannya. Pada kondisi saat ini setiap pencatatan transaksi pembelian dan penjualan toko masih dilakukan secara tertulis. Akibatnya pemilik toko kesulitan dalam menangani catatan transaksi pembelian dan penjualan yang jumlahnya sangat banyak yang berasal dari beberapa waktu ke belakang, hal ini membuat pemilik toko kesulitan dalam melakukan evaluasi kinerja penjualan dan pembelian secara efektif. Evaluasi yang saat ini dilakukan adalah berupa pengecekan catatan-catatan terdahulu secara transaksional. Berdasarkan permasalahan tersebut, tugas akhir ini mengembangkan solusi berupa digitalisasi proses pencatatan yang mencakup pengembangan sistem pencatatan dan dashboard untuk memenuhi kebutuhan evaluasi kinerja dari toko kebutuhan rumah tangga XYZ. Dengan pengembangan solusi pada tugas akhir ini, pengguna diharapkan mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait evaluasi kinerja penjualan dan pembelian toko dengan lebih efektif untuk pengambilan keputusan. Hasil dari tugas akhir ini adalah sistem pendukung evaluasi kinerja penjualan dan pembelian toko XYZ yang berbasis web. Pengembangan sistem berbasis web dipilih untuk mempermudah persiapan implementasi kepada pengguna karena pengguna hanya perlu mengaksesnya melalui web browser tanpa proses instalasi dan pengelolaan akun khusus sistem. Sistem ini terdiri atas dua komponen yaitu sistem pencatatan dan dashboard. Sistem pencatatan merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengentrikan data transaksi penjualan dan pembelian toko XYZ. Sementara dashboard evaluasi kinerja penjualan dan pembelian menyajikan visualisasi yang dapat merepresentasikan kinerja penjualan dan pembelian toko XYZ sehingga toko mendapatkan wawasan yang berguna untuk perbaikan dan peningkatan kinerja toko. Hasil pengujian sistem kepada pengguna menunjukkan bahwa pengguna dapat mempelajari sistem dengan baik, hal ini berarti penggunaan sistem pendukung evaluasi kinerja toko secara rutin dapat meningkatkan tingkat efisiensi penggunaan.

Keywords


Digitalisasi; Dashboard; Evaluasi Kinerja Ritel; User-centered Design

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung