Analisis Perbandingan Volume pada Tikungan Jalan Menggunakan Metode Perhitungan Volume yang ada pada Aplikasi Pengolah Data Survei

Ivan Firmansyah, Yuwono Yuwono, Yanto Budisusanto
Submission Date: 2022-07-28 21:07:32
Accepted Date: 2022-09-12 08:54:16

Abstract


Dalam survei rekayasa, penentuan volume tanah adalah hal yang penting, seperti halnya pada perencanaan pondasi, galian dan timbunan pada jalan raya. Pada pekerjaan jalan raya, bentuk volume tanah galian dan timbunan digambarkan dalam sebuah profil sesuai dengan rencana perkerasan jalan untuk menunjukkan pertimbangan pengangkutan material. Perhitungan dari volume sangat penting peranannya dalam pembangunan jalan raya karena dari perhitungan tersebut dapat mempengaruhi jumlah dana yang akan diperoleh dan. Dalam melakukan proses perhitungan volume material, terdapat berbagai metode, Kondisi eksisting jalan lingkar tuban yang saat ini dilakukan pembangunan dimana pihak kontraktor dalam melakukan pembangunan masih melakukan perhitungan secara manual. Penelitian ini bertujuan perhitungan volume menggunakan metode perhitungan yang ada pada aplikasi pengolah data survey (penampang rata- rata dan composite volume ) pada tikungan jalan yang hasilnya akan dibandingkan dengan volume hasil perhitungan manual sebagai data yang dianggap benar. Analisis perhitungan volume menggunakan metode paired sample T- test untuk menguji kelayakan penggunaan metode penampang rata- rata dan composite volume dalam perhitungan volume, serta uji toleransi ASTM untuk menguji akurasi perhitungan volume masing-masing metode dengan batas toleransi sebesar 2,78%. Berdasarkan hasil paired sample T-test dengan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh hasil bahwa penggunaan metode penampang rata – rata dan composite volume layak digunakan untuk perhitungan. Pada uji toleransi ASTM yaitu 2,78% untuk perhitungan cut, metode yang memiliki selisih terkecil adalah metode penampang rata – rata pada tikungan 2, sedangkan untuk selisih perhitungan fill terkecil adalah pada metode penampang rata - rata utuk tikungan 3. Dengan hasil uji tersebut penggunaan metode penampang rata – rata lebih baik karena memiliki selisih yang lebih kecil.

Keywords


Composite Volume; Jalan Tikungan; Penampang Rata-Rata; Volume Cut; Volume Fill

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung