Analisis User Experience Website E-Government dengan Mempertimbangkan Aspek Pragmatis Dan Hedonis (Studi Kasus: Sipemuda Kubu Raya)

Tri Zulfira Setia Rizki, Dyah Santhi Dewi
Submission Date: 2022-07-29 07:12:48
Accepted Date: 2022-12-12 08:40:37

Abstract


Kemajuan teknologi membawa banyak perubahan di dalam sektor kehidupan masyarakat, salah satunya adalah sektor publik dan pemerintahan. Contoh perubahan yang dilakukan pada sektor publik dan pemerintahan adalah e-government. Penerapan e-government mempermudah masyarakat dalam melakukan hubungan dengan pemerintahnya. Salah satu website e-government yang dikembangkan di Indonesia adalah SIPEMUDA Kubu Raya, yaitu website layanan Dispendukcapil online di Kabupaten Kubu Raya. Namun, sering terjadi beberapa keluhan terkait website tersebut. Keluhan tersebut berkaitan erat dengan aspek user experience. Penelitian ini membahas tentang analisis user experience website SIPEMUDA dengan mempertimbangkan aspek pragmatis dan hedonisnya. Penelitian ini menggunakan dua perspektif, yaitu perspektif ahli dan perspektif pengguna untuk menekan subjektivitas dalam penelitian user experience. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah UEQ, Think Aloud, dan Metode Heuristik. Untuk memetakan hasil Think Aloud dan hasil dari metode heuristik ke dalam aspek pragmatis dan hedonis, maka digunakan alat berupa diagram afinitas untuk mempermudah penggolongan data. Didapat 70 partisipan untuk perspektif pengguna dan 10 partisipan untuk perspektif ahli. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil evaluasi adalah variabel pendidikan, pengalaman, serta kombinasi antara pendidikan dan pengalaman pengguna. Hasil dari kedua perspektif menunjukkan kesamaan antar keduanya, dimana webiste SIPEMUDA Kubu Raya dilihat sebagai website yang positif dan lebih baik dari sisi pragmatis. Hasil penggabungan data kualitatif diperoleh 19 evaluasi positif dan 20 evaluasi negatif. Hasil evaluasi negatif tersebut digunakan untuk menyusun rekomendasi perbaikan, sehingga didapatkan 25 rekomendasi perbaikan untuk SIPEMUDA Kubu Raya dimana 13 diantaranya merupakan rekomendasi prioritas yang dipilih dengan mempertimbangkan evaluasi dari perspektif ahli. Salah satu contoh rekomendasi yang diberikan adalah “menambahkan tombol bantuan pada halaman utama”.

Keywords


E-Government; Metode Heuristik; Think Aloud; User Experience; User Experience Questionnaire

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung