Ads Filtering Mengunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron, Naïve Bayes Classifier, dan Regresi logistik

Achmad Fachrudin Rachimawan, Brodjol Sutijo Suprih Ulama
Submission Date: 2016-01-26 08:06:22
Accepted Date: 2016-03-19 23:04:26

Abstract


Email merupakan fasilitas yang mutlak diperlukan dalam berbagai bidang. Pentingnya email dan jumlahnya yang begitu banyak menyebabkan penyalahgunaan. Salah satu penyalahgunaan yang sering ditemui adalah email iklan yang dikirimkan oleh perusahaan penyedia konten internet saat pengguna mendaftar pada situs perusahaan tersebut. Terdapat metode agar email iklan dari perusahaan-perusahaan tersebut bisa secara otomatis dikenali yaitu klasifikasi. Data email berbentuk teks, sehingga jauh lebih rumit dan perlu proses untuk mempersiapkan data. Salah satu prosesnya adalah pembobotan ads atau adicity. Untuk metode klasifikasi yang digunakan adalah Naive Bayes Classifier (NBC) yang secara umum sering digunakan dalam data teks dan Perceptron yang diketahui keduanya merupakan metode yang cukup sederhana untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks. Kedua metode tersebut akan dibandingkan untuk mengetahui hasil klasifikasi yang paling baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NBC lebih unggul dibanding Perceptron, dan pada NBC False Positive Ratio lebih mudah untuk dikontrol.

Keywords


email;iklan;klasifikasi;naïve bayes;perceptron

References