Perancangan Board Game Hanacaraka Sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Untuk Siswa Kelas 3 dan 4 SD
Abstract
Aksara Jawa merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang patut dilestarikan. Namun seiring berjalannya waktu aksara Jawa semakin ditinggalkan. Aksara Jawa sebenarnya tidak dikatakan menghilang, hanya mengalami akulturasi, yaitu menipisnya pemahaman masyarakat akan budaya sendiri. Sebagian besar siswa di sekolah masih mengalami kesulitan dalam belajar membaca aksara jawa karena semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin berkurang pula materi aksara jawa yang diberikan. Dampak yang terjadi adalah siswa kurang paham dalam membedakan bentuk aksara jawa sehingga mengalami kesulitan dalam membaca aksara jawa. Tahapan pengumpulan data diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner kepada target audiens di Surabaya, wawancara mendalam kepada pengajar Bahasa Jawa, melakukan studi eksisting dan komparatif terhadap media pembelajaran lainnya, dan studi literatur dengan mengumpulkan berbagai data dari buku dan internet. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa board game edukasi, diharapkan dapat meningkatkan minat pada aksara jawa, meningkatkan pemahaman siswa dalam membedakan huruf-huruf yang hampir sama bentuknya, memudahkan siswa dalam belajar membaca Aksara Jawa, menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan, serta dapat dijadikan metode belajar yang menarik dan mudah dipahami.