Redesain Interior Museum Provinsi Papua dengan Konsep Edukasi-Budaya dan Kontemporer

Mira Christantia Kuheba, R.Adi Wardoyo
Submission Date: 2016-08-02 09:35:54
Accepted Date: 2017-01-16 00:00:00

Abstract


Museum merupakan sarana edukasi dan rekreasi. Museum harus didesain sedemikian rupa agar dapat menyajikan informasi mengenai objek koleksi kepada pengunjung. Sebagian besar penunjung Museum Provinsi Papua adalah pelajar sehingga dibutuhkan museum yang mampu memenuhi kebutuhan dalam memperkaya wawasan pengunjung. Untuk mencapai tujuan dari museum ini, digunakan empat buah metode edukasi yang tidak terlepas dari pengaruh budaya dan kontemporer. Museum Provinsi Papua adalah Museum yang paling besar di Indonesia Timur.Penulis mengutamakan konsep tentang Edukasi budaya Papua, berupa pemilihan metode edukasi yang tepat. Pemilihan yang warna, material dan elemen estetis nantinya akan disesuaikan dengan konsep kebudayaan dan kontemporer. Hal-hal diatas diharapkan dapat menjadi kesatuan yang nantinya akan menyelesaikan masalah dari museum ini. Pengumpulan data, penulis melakukannya dengan observasi, wawancara, kuisioner pada pengunjung. Selain data penelitian, penulis juga memperoleh data sekunder dari studi-studi literatur berupa buku dan data arsitektur. Konsep interior museum ini akan mengedukasi pengunjung dengan menggunakan metode pembelajaran dan pengajaran. Metode ini diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan pengunjung untuk melestarikan budaya Papua

Keywords


Museum; Papua; edukasi; budaya; kontemporer

References