Re-Desain Interior Showroom Toyota Auto2000 Dengan Langgam Futuristik Family

Isra Nasharmalik Rusadi, Budiono Budiono
Submission Date: 2016-08-03 12:40:09
Accepted Date: 2017-01-17 00:00:00

Abstract


Perkembangan industri otomotif yang pesat di Indonesia menimbulkan persaingan di antara merek kendaraan. Showroom merupakan fasilitas produsen otomotif untuk memamerkan produk-produk yang dikeluarkan serta memberikan pelayanan guna menjaga loyalitas konsumen. Toyota merupakan salah satu merek otomotif yang banyak diminati di Indonesia. Interior menjadi solusi untuk membantu memamerkan kendaraan yang dijual dan memberikan kenyamanan kepada konsumen Toyota. Perencanaan re-desain interior Showroom Toyota Auto2000 ini berdasarkan observasi objek desain, wawancara kepala bengkel, dan analisa melalui kuisioner kepada beberapa responden. Berdasarkan metodologi tersebut, hasil yang diperoleh berupa konsep perencanaan Showroom Toyota Auto2000 berupa konsep Showroom dengan langgam Futuristik Family. Konsep Futuristik merupakan suatu langgam desain yang mencerminkan simbol teknologi, yang selalu berkembang ke masa depan. Konsep Family dalam bahasa indonesia berarti keluarga, yaitu dimana semua kebutuhan dapat terfasilitasi dengan baik pada semua segmentasi. Pengaplikasian bentukan futuristik yang menarik  menjadi nilai tambah untuk area pamer sehingga membuat mobil terlihat dengan baik. Sirkulasi yang efisien untuk pegawai dibuat agar mereka dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung. Dengan beberapa konsep diatas kemudian disusun sebuah konsep perencanaan yakni re-desain interior Showroom Toyota Auto2000 dengan langgam Futuristik Family. Menampilkan bentukan futuristik yang diambil dari tranformasi logo Toyota dan menggunakan material yang mendukung konsep futuristik. Hal tersebut dilaksanakan agar Showroom Toyota Auto2000 menjadi fasilitas yang dapat meningkatkan loyalitas pengunjung terhadapat kendaraan merek Toyota.

Keywords


Desain Interior; Family; Futuristik; Showroom; Toyota

References