Desain Aksesoris Fashion Wanita Urban dengan Eksplorasi Material Kaca

Muhammad Arif Susanto, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2016-08-10 23:18:28
Accepted Date: 2017-02-01 00:00:00

Abstract


Kerajinan manik-manik kaca merupakan peninggalan aksesoris dari dulu hingga sekarang. Permasalahan timbul karena kurangnya pengembangan desain baru.Akibatnya penghasilan menurun dan semakin berkurangnya pengrajin. Jumlah perngrajin ditahun 2000 berjumlah  30an dan sekarang berkisar 20 orang. Dibutuhkan pengembangan manik-manik kaca yang  sesuai tren saat ini dengan eksplorasi material tersebut. Gagasan eksplorasi kaca merupakan inovasi untuk meningkatkan produktifitas dan pendapatan.Dan sebagai terobosan baru brand aksesoris fashion asli Indonesia Studi dan analisa proses desain menggnakan metode pengumpulan data literatur, penelitian langsung, wawancara, storytelling, kuesioner, persona, dan focuss group discussion. Ekplorasi kaca merupakan kegiatan utama untuk menghasilkan produk baru. Eksplorasi kaca dilakukan di Yogyakarta sebagai pembuat contoh, dan diperbanyak di Jombang. Hasil eksplorasi kaca berjumlah delapan bentuk baru dengan variasi tujuh warna yang berbeda. Variasi bentuk diambil dari inspirasi tema yang diambil yaitu Kupu Dayoh dan Madu Era Ara.Kriteria desain yang diterapkan mengenai estetika, fungsi dan produksi. Konsep produksi menggunakan metode hybrid, produksi material kaca dilakukan dengan tangan pengrajin sedangkan metal menggunakan mesin. Konsep tersebut menghasilkan keunggulan desain produk yaitu modern, unik,dan detail. Hasil eksplorasi kaca untuk perhiasan,tas dan sepatu mupun sandal masing masing berjumlah sembilan varian desain. Setiap seperangkat perhiasan terdiri dari kalung, sirkam, anting, cincin, dan bros. Material perhiasan menggunakan hasil eksplorasi kaca dan metal. Produk tas menggunakan material kulit dengan aksen kaca. Produk sepatu dan sandal menggunakan material jacquard, kulit dan aksen kaca. Produk tersebut beridentitas ARARYA. Setiap produk berciri modern, urban, detail dan bernuansa lokal Indonesia. Target konsumen ARARYA adalah wanita yang bersemangat, mudah bergaul dan menarik. Keberlanjutan pengembangan eksplorasi kaca untuk aksesoris fashion ini difokuskan kepada kemampuan produksi, desain, dan penyediaan.

 


Keywords


design; accessories; glass; hybrid; exploration

References