Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya)

Bella Harum Ashari, Berto Mulia Wibawa, Satria Fadil Persada
Submission Date: 2017-01-19 12:40:11
Accepted Date: 2017-03-12 00:00:00

Abstract


Perkembangan pengguna situs jejaring sosial di Indonesia telah memunculkan suatu paradigma e-commerce baru yang disebut social commerce (s-commerce). Salah satu media s-commerce yang digunakan untuk memfasilitasi jual beli produk adalah Instagram. Permasalahan yang menjadi keterbatasan dalam belanja online adalah pemahaman peritel online terhadap karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang terhadap 231 responden dari 6 Universitas di Kota Surabaya yang pernah berbelanja di online shop di Instagram. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah konsumen yang berupa mahasiswi cenderung memiliki pengeluaran untuk belanja online per bulan dibawah Rp. 300.000, dan mayoritas repsonden mengutamakan faktor harga produk yang murah. Oleh karena itu peritel online harus memperhatikan faktor harga produk sehingga akan dapat memunculkan niat beli bagi konsumen.

Keywords


Analisis Deskriptif; Tabulasi Silang; Instagram; S-Commerce.

References