Perancangan Maskot untuk Memperkuat Identitas Visual Kota Kediri

Ferdian Lutfi Kurniawan, Sayatman Sayatman
Submission Date: 2018-01-25 22:48:49
Accepted Date: 2018-04-18 00:00:00

Abstract


Pada tahun 2014, pemerintah Kota Kediri melakukan penelitian untuk mencari potensi daerahnya. Hasilnya, Kota Kediri memiliki potensi utama pada tiga sektor yaitu pendidikan, jasa dan perdagangan. Sebagai upaya meningkatkan potensi dan citra kotanya, pada tahun 2016 pemerintah Kota Kediri meluncurkan program city branding bertajuk “Harmoni Kediri”. Namun, berdasarkan hasil kajian pengurus brand kota Kediri, hingga saat ini masyarakat belum familiar terhadap keberadaan identitas Kota Kediri tersebut. Penelitian ini mengkaji tentang peran maskot untuk meningkatan kekuatan identitas visual kota. Proses penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap pra riset yang mengkaji tentang dasar penggunaan tema judul dan tahap riset yang mengkaji tentang obyek dan media perancangan. Sumber data primer dihasilkan dari wawancara dengan pengurus brand, observasi, wawancara dengan calon audiens, eksperimen visual, uji karakter melalui kuesioner visual, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari studi pustaka keilmuan identitas, desain karakter, dan studi karakter yang sudah ada sebelumnya. Luaran media perancangan ini adalah konsep desain identitas visual berupa karakter maskot yang merepresentasikan Kota Kediri. Konsep komunikasi karakter dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama sebelum kedatangan pengunjung, tahap kedua ketika pengunjung datang ke kota, tahap ketiga ketika pengunjung hendak meninggalkan kota. Desain maskot ini diharapkan dapat membantu program pemerintah Kota Kediri dalam menguatkan identitas visual kota yang kuat di mata masyarakat.

Keywords


Maskot; Identitas; Kota Kediri

References