Desain Interior untuk Menunjang Pembelajaran Interaktif dengan Nuansa Islam Studi Kasus MI Al – Huda

Arifa Tantri Wijayanti, Aria Weny Anggraita
Submission Date: 2018-01-30 10:49:26
Accepted Date: 2018-03-31 00:00:00

Abstract


Pertumbuhan penduduk di Kota Malang menimbulkan kebutuhan akan sekolah meningkat. Di sisi lain agama merupakan hal penting yang perlu ditanamkan sejak dini karena merupakan sumber moral dan petunjuk kebenaran. Di sisi lain MI Al-Huda adalah salah satu sekolah Islam swasta yang ada di Kota Malang. Sekolah swasta memiliki perbedaan dari sekolah yang disediakan pemerintah karena sekolah swasta dimiliki olah perseorangan atau kelompok dan mendapatkan pendanaan dari pemerintah yang sangat sedikit, sehingga pendanaan operasional dibebankan pada wali murid. MI Al-Huda berdiri di atas lahan seluas 1160m2 yang terbagi menjadi 2 bangunan utama dan digunakan untuk 18 ruang kelas, 2 ruang guru dan lain sebagainya. Sekolah tersebut memiliki masalah yaitu belum terlihatnya image atau citra sebagai sekolah Islam pada bangunan eksisting, oleh karena itu perlu adanya renovasi atau redesain. Redesain akan dilakukan dengan menyesuaikan karakter murid dan sistem pembelajaran yang dipakai. Guru menyampaikan 30% pembelajaran dengan cara kegiatan motorik seperti membuat karya dan games, sehingga disimpulkan bahwa guru menggunakan sistem pembelajaran interaktif karena model pembelajaran tersebut berorientasi atau terfokus pada murid. Redesain ini dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan cara wawancara tidak terstruktur dan observasi, setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisa data. Hasil analisa data akan dijadikan sintesis (simpulan), lalu dilanjutkan dengan perancangan desain, dan berakhir pada konsep desain. Konsep desain yang diperoleh adalah DESAIN INTERIOR MI AL-HUDA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN NUANSA ISLAM. Konsep ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang ada di MI Al-Huda.

Keywords


Sekolah Islam: Sekolah dasar; Interior Islami

References