Studi Alternatif Pemilihan Trase Transportasi Massal Surabaya Timur Dengan Surabaya Barat
Abstract
Sistem transportasi darat yang bergerak diatas rel berifat massal dan terbukti sangat efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas menghadapi kebutuhan transportasi terutama pada saat jam puncak. Perkembangan ekonomi yang sangat tinggi di Surabaya menimbulkan dampak meningkatnya aktifitas transportasi manusia maupun barang di dalam kota Surabaya. Hal ini jika tidak diikuti dengan peningkatan sistem jaringan transportasi di dalam kota Surabaya akan menyebabkan permasalahan kemacetan di dalam kota Surabaya, karena jaringan jalan di kota Surabaya saat ini sudah sangat padat sehingga akan menghambat aktifitas transportasi di dalam kota Surabaya. Dan satu – satunya alternatif adalah menggunakan jaringan transportasi yang tidak membebani jaringan jalan di Surabaya yaitu sistem transportasi rel.
Metode pengerjaan tugas akhir ini yaitu membandingkan beberapa alternatif pola jaringan trase. Kemudian membandingkan beberapa alternatif trase untuk mendapatkan alternatif trase yang baik dan diprioritaskan pembangunannya. Dari trase terpilih, dilakukan analisa konsep perpindahan moda dan moda penunjang lainnya. Dalam menentukan moda yang akan digunakan dan alternatif trase yang akan dipilih dilakukan dengan cara menggunakan multi kriteria analisis.
Dari hasil analisa diketahui bahwa trase yang diutamakan pembangunannya adalah trase di Surabaya bagian selatan. Moda yang digunakan adalah moda Monorail.
Keywords
CC Licencing
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung