Studi Numerik Karakteristik Aliran Bagian Rear-End Bus Penumpang Dengan Variasi Sudut Diffuser

Mutiara Nuril Karomah, Wawan Aries Widodo
Submission Date: 2012-07-27 21:55:16
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Penambahan diffuser padabagian rear end bus penumpang adalah salah satu cara untuk mengurangi gaya aerodinamik yang terbentuk. Parameter diffuser, seperti sudut diffuser akan sangat berpengaruh terhadap aliran di bawah bodi dan wake yang terjadi. Pada sudut 0 derajat, intensitas vortisitas pada daerah rear end sangat besar, dikarenakan aliran seolah tiba-tiba terlepas dari sempitnya gap antara jalan dengan bus. Sedangkan, dengan penambahan diffuser aliran cenderung akan melewati bagian bawah sesuai dengan kontur bodi yang dapat mengurangi tekanan pada daerah tersebut. Diffuser merupakan suatu bentuk saluran tertutup yang mengalami pembesaran luas penampang melintang searah dengan lintasan aliran utama. Bodi 3-dimensi yang diteliti mempunyai variasi sudut diffuser sebesar 0°, 6°, 12°, dan 18°. Pemodelan numerik ini menggunakan software FLUENT 6.3.26 yang digunakan untuk memvisualisasikan karakteristik aliran yang ditunjukkan dengan data kuantitatif berupa pressure coefficient (Cp), drag coefficient (Cd), dan lift coefficient (Cl). Sedangkan data kualitatif yang diperoleh berupa velocity pathline, kontur tekanan, dan vektor kecepatan. Pemodelan ini dibangun dengan menggunakan 3D-unsteady dan model turbulensi k-ε realizable untuk Reynold number sebesar 18,4 x 106 berdasarkan kecepatan alir masuk dan panjang model. Hasil yang diperoleh menunjukkan dengan kenaikan sudut diffuser diperoleh penurunan Cl yang cukup signifikan. Sedangkan pada Cd mengalami penurunan yang sama namun pada sudut 180, nilai Cd justru menglami kenaikan.


Keywords


bus, diffuser, pemodelan 3D, rear end, wake

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung