Desain dan Evaluasi Antarmuka Pengguna Aplikasi myITS Finance Modul Bendahara

Sabrina Lydia Simanjuntak, Hadziq Fabroyir, Rizky Januar Akbar
Submission Date: 2023-08-01 09:04:04
Accepted Date: 2024-05-06 08:28:52

Abstract


Seiring berjalannya waktu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengalami perubahan dalam berbagai aspek sebagai bentuk adaptasi dari kemajuan ilmu dan teknologi. Salah satu aspek tersebut adalah aspek keuangan. Dalam aspek keuangan, terdapat sistem informasi yang dapat memonitor dan mengendalikan proses pengelolaan keuangan. Akan tetapi, cakupan proses kerja pengelolaan keuangan yang semakin meluas dan keterlibatan aktor yang cukup kompleks membuat SIM Keuangan ITS memiliki banyak fitur dan role, yang dalam penggunaannya membuat sistem menjadi rancu dan membingungkan. Hal ini dikarenakan fitur dan role tersebut tidak dikelompokkan secara spesifik sesuai dengan fungsionalitasnya. Padahal, keberadaan sistem informasi keuangan sangat diperlukan untuk menciptakan keteraturan dalam manajemen dan pengendalian arus keuangan, yang secara masif akan mendorong tercapainya pengelolaan keuangan yang testruktur dan terkontrol.Dalam rangka mengakomodir kebutuhan sistem keuangan IT, sekaligus meningkatkan efesiensi dan efektifitas dari sistem keuangan yang sudah ada, penulis akan mengembangkan antarmuka pengguna MyITS Finance, khususnya Modul Bendahara. Pengembangan sistem ini akan berpusat kepada pengguna dan kebutuhan pengguna dalam penggunaan sistem. Untuk menampung kebutuhan calon pengguna tersebut, penulis menggunakan metode User Centered Design yang mengedepankan kebutuhan serta pengalaman dari calon pengguna dalam menggunakan aplikasi sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam aplikasi MyITS Finance Modul Bendahara.

Keywords


Keuangan; MyITS Finance; User-Centered Design; HTML; CSS; Javascript

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung