Analisa Reduksi Respon Getaran Kabel Konduktor terhadap Variasi Massa Counterweight pada Stockbridge Damper

Resnanda Pradiptya, Harus Laksana Guntur
Submission Date: 2023-08-01 15:58:07
Accepted Date: 2024-05-27 07:33:15

Abstract


Berdasarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kapasitas pembangkit listrik di Indonesia kapasitas pembangkit listrik terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kenaikan ini mengakibatkan peningkatan pendistribusian energi listrik ke daerah-daerah. Pendistribusian dapat diting-katkan dengan penambahan jumlah saluran listrik udara ke daerah-daerah. Salah satu kendala pembangunan saluran listrik udara adalah adanya getaran aeolian. Stockbridge Dam-per adalah Tuned Mass Damper yang digunakan untuk menghi-langkan atau mengurangi getaran aeolian dengan cara menye-rap energi dari getaran kabel konduktor pada saluran listrik udara. Stockbridge Damper asimetris adalah Stockbridge Dam-per yang memiliki kinerja yang paling baik. Di pasaran perse-baran variasi berat total pada Stockbridge Damper asimetris semakin banyak. Variasi berat total menjadi acuan penjualan dipasaran. Akan tetapi, perbedaan berat antara kedua counterweight tidak terlalu diperhatikan. Sehingga diperlukan penelitian tentang pengaruh variasi massa counterweight untuk mempermudah pemilihan Stockbridge Damper Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, penelitian ini akan menyimulasikan kabel konduktor dengan sebuah peredam Stockbridge Damper pada software ANSYS Workbench 2022 R1 dengan analisis Static Structural, Modal dan Harmonic Response. Hasil dari penelitian ini adalah hasil respon rasio getaran menunjukkan bahwa frekuensi natural pada kabel konduktor dengan stockbridge damper lebih kecil dibandingkan frekuensi natural pada kabel konduktor tanpa stockbridge damper, Persentase reduksi amplitudo getaran tertinggi terjadi pada variasi stockbridge damper dengan massa counterweight 2 kg dan 3,5 kg sebesar 99,21% pada frekuensi 33,8 Hz. Sedangkan persentase reduksi amplitudo getaran terendah terjadi pada variasi stockbridge damper dengan massa counterweight 1,5 kg dan 4 kg sebesar 77,83% pada frekuensi 30,8 Hz dan Hasil simulasi menunjukkan bahwa stockbridge damper dengan selisih massa counterweight yang lebih kecil mampu mereduksi lebih besar dibandingkan dengan stockbridge damper dengan selisih massa counterweight yang lebih besar.

Keywords


ANSYS Workbench; Counterweight; Kabel Konduktor; Stockbridge Damper

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung