Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi II

Dzaky Ramdhani, Cahya Buana
Submission Date: 2023-08-01 17:24:53
Accepted Date: 2024-05-06 09:01:50

Abstract


Provinsi Banten memiliki potensi pariwisata. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten yang kian meningkat. Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang diiringi dengan peningkatan mobilitas manusia, barang dan jasa akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan jumlah kendaraan. Sehingga kapasitas jalan juga akan meningkat. Peningkatan volume lalu lintas jalan menjadi sebuah permasalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pemerintah meningkatkan kapasitas jalan dengan membangun jalan bebas hambatan (jalan tol) yaitu Jalan Tol Serang-Panimbang. Dalam perencanaan ini berisi tentang penilaian trase alternatif terhadap trase rencana jalan tol milik Bina Marga, perencanaan geometrik yang mengacu pada “Peraturan Bina Marga untuk Perencanaan Geometrik Jalan Bebas Hambatan No. 13/P/BM/2021, Perencanaan tebal perkerasan jalan sesuai dengan “Manual Desain Perkerasan Jalan 2017”, perencanaan saluran drainase sesuai dengan “Pd. T-02-2006-B”, rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, serta Perencanaan Rambu dan Marka yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 dan Nomor 34 Tahun 2014. Dari analisis yang dilakukan, dihasilkan Panjang jalan 23.055 km dengan 9 PI dan PVI sebanyak 32. Untuk tebal perkerasan 305 mm dengan sambungan tie bars dengan diameter 16 mm dan dimensi tipikal saluran drainase yaitu b=1.10 m dan h=0.5 m. Volume galian didapatkan sebesar 734.116,6 m3 dan volume timbunan didapatkan sebesar 9.015.869,14 m3. Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam pembangunan ini sebesar Rp.4.462.580.592.760,-.

Keywords


Jalan Tol; Perencanaan Geometrik; Perkerasan Jalan; Drainas; Rencana Anggaran Biaya

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung