Analisis Perbandingan Metode Pemilihan Rute pada Studi Kelayakan Jalan Tol (Studi Kasus: Jalan Tol Malang – Kepanjen)

Aditya Wicaksono Dovyanto, Hera Widyastuti
Submission Date: 2023-08-01 20:13:59
Accepted Date: 2024-05-06 09:01:56

Abstract


Kepanjen merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Malang. Lokasi ini juga merupakan titik lewat kendaraan dari Kota Malang yang akan menuju ke daerah Karesidenan Kediri di timur dan Karesidenan Besuki di barat. Seiring dengan hal itu, terdapat rencana pembangunan Jalan Tol Agungblijen (Tulungagung – Blitar – Kepanjen) dan Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa (JLS) yang mana keduanya akan melewati Kepanjen. Sehingga dengan keadaan volume kendaraan yang tinggi dan adanya rencana pembangunan tersebut, direncanakanlah pembangunan Jalan Tol Malang – Kepanjen yang akan menghubungkan Kota Malang dengan Kepanjen. Investasi infrastruktur jalan tol perlu diawali dengan adanya studi kelayakan investasi khususnya pada aspek ekonomi dan finansial. Aspek ekonomi merupakan manfaat untuk masyarakat dan finasial merupakan manfaat untuk investor. Nilai manfaat ini diambil dari jumlah pengendara yang berpindah dari jalan eksisting menuju ke jalan tol. Maka dari itu perlu dilakukan analisis pemilihan rute atau trip assignment untuk memprediksi besaran volume kendaraan yang akan masuk menuju ke jalan tol jika sudah beroperasi. Analisis pemilihan rute atau trip assignment akan menggunakan empat metode analisis dan membandingkan hasil dari ke-empatnya, yaitu metode Smock, metode JICA 1, metode Davidson, dan metode Diversion Curve. Ke-empat metode tersebut memiliki parameter masing-masing dan digunakan metode yang menghasilkan persentase perpindahan merata. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan metode Smock tidak ada yang berpindah ke jalan tol, metode JICA 1 hasil perpindahan tidak valid, dan metode Davidson perpindahan tidak merata karena hanya ada 1 seksi yang terjadi perpindahan, sedangkan seksi lainnya tidak ada yang berpindah. Sehingga digunakan hasil analisis metode Diversion Curve yang menghasilkan prpindahan merata di seluruh seksi Jalan Tol Malang – Kepanjen. Besar persentase pengguna jalan eksisting yang akan berpindah menuju jalan tol adalah berkisar di angka 49% – 50%. Maka dari itu disimpulkan bahwa metode Diversion Curve adalah metode yang dapat digunakan untuk analisis pemilihan rute pada studi kelayakan Jalan Tol Malang – Kepanjen.

Keywords


Kelayakan; Ekonomi; Finansial; Pemilihan Rute; Tol Malang - Kepanjen

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung