Pengaplikasian Rekayasa Nilai pada Proyek Apartemen Grand Shamaya, Kota Surabaya

Faisal Prayuda Rivki, Cahyono Bintang Nurcahyo
Submission Date: 2023-08-02 04:28:41
Accepted Date: 2024-09-17 07:12:49

Abstract


Proyek Grand Shamaya merupakan sebuah proyek komplek apartemen yang terletak di Jl. Embong Sawo No.1, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Proyek ini dimiliki oleh PT. PP Properti dengan kontraktor PT. PP (Persero). Pada saat ini tower yang sedang dilakukan pekerjaan adalah Aubrey Tower dengan total nilai proyek Rp. 803.862.498.379 dengan luas total bangunan yang dibangun adalah 13.981,74 m2. Setelah dilakukan Analisis Fungsi ditemukan beberapa item pekerjaan yang memiliki value lebih dari 1.5 kondisi ini mengindikasikan kemungkinan adanya unnecessary cost. Berdasarkan permasalahan tersebut memunculkan sebuah kebutuhan akan pengefisiensian biaya pembangunan Aubrey Tower dengan menggunakan metode Rekayasa Nilai. Metode Rekayasa Nilai yang digunakan pada Penelitian ini adalah dengan menggunakan rencana kerja yang terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Tahap Informasi yang memunculkan item pekerjaan yang dapat dilakukan Rekayasa Nilai yaitu pekerjaan dinding dan pekerjaan plat. Tahap Kreatif, yaitu pencarian alternatif terhadap item pekerjaan terpilih pada tahap ini didapat alternatif yang tersedia adalah dinding batako dan Hollow Core Wall untuk pekerjaan plat adalah Superfloor deck dan Hollow Core Slab. Tahap Analisis, terdiri dari analisis Life Cycle Cost dan analisis pemilihan alternatif menggunakan Analytical Hierarchy Process. Pada tahap ini didapat alternatif terbaik adalah Hollow Core Wall untuk pekerjaan dinding dan Hollow Core Slab untuk pekerjaan plat. Tahap Rekomendasi, pada tahap ini dilakukan rekapitulasi dan kesimpulan mengenai alternatif terbaik yaitu Hollow Core Wall untuk pekerjaan dinding dengan total penghematan 2% dan Hollow Core Slab untuk pekerjaan plat dengan total penghematan 74%.

Keywords


Analisis Pareto; Analisis Fungsi; Life Cycle Cost; Rekayasa Nilai

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung