Perhitungan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur Menggunakan Aluminium Formwork

Mohammad Wildan Ma'arif Ma'arif, Aan Fauzi
Submission Date: 2023-08-04 12:48:11
Accepted Date: 2024-09-17 07:13:03

Abstract


Perhitungan waktu dan rencana anggaran biaya pelaksanaan pada suatu proyek merupakan hal yang penting dalam manajemen konstruksi proyek karena pada dasarnya keberhasilan suatu proyek dapat ditinjau dari ketepatan waktu dalam proses pelaksanaan serta keuntungan dalam biaya. Maka kinerja proyek dapat direncanakan secara teliti dan cermat dengan dilihat dari indikator waktu dan biaya pembangunan proyek. Pemilihan material pada pekerjaan proyek sangat berpengaruh pada saat pelaksanaannya, terutama pada pemilihan jenis bekisting yang akan digunakan. Oleh karena itu, pada proyek tugas akhir ini Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur akan dilakukan perhitungan kembali dengan menggunakan metode bekisting aluminium formwork. Bekisting merupakan cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beban selama beton dituang hingga beton mengeras dan dibentuk sesuai dengan yang direncanakan. Bekisting aluminium ini memiliki ukuran cukup besar, namun ringan untuk seorang pekerja Bekisting aluminium jika dibandingkan dengan bekisting konvensional, dari segi durasi produktivitas, kualitas dan penggunaan bekisting aluminium merupakan bekisting yang efektif digunakan terutama pada proyek yang memiliki tipe lantai tipikal karena dapat digunakan berkali-kali dan biaya untuk tenaga kerja relatif lebih sedikit dibandingkan dengan bekisting konvensional. Penyusunan proyek akhir dimulai dari mengidentifikasi item pekerjaan kemudian menghitung volume dan produktivitas. Perhitungan tersebut akan menentukan durasi item pekerjaan yang selanjutnya digunakan untuk menyusun penjadwalan. Penjadwalan menggunakan Crirical Path Metdhod (CPM) dengan mengaplikasikan program bantu Microsoft Project. Hasil analisa perhitungan waktu diperoleh selama 93 hari kerja dan biaya pelaksanaan sebesar Rp19,142,645,798.

Keywords


Aluminium Formwork; Crirical Path Metdhod,;Penjadwalan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung