Strategi Pengembangan Wisata Alam dan Budaya di Kecamatan Rumbai Timur Kota Pekanbaru Menggunakan Konsep Place Branding

Satya Raja Sitompul, Arwi Yudhi Koswara
Submission Date: 2023-08-02 19:22:44
Accepted Date: 2024-09-17 07:13:13

Abstract


Setiap daerah memiliki potensi dan daya tarik wisata yang berbeda dan memiliki strategi pengelolaan dan pengembangan yang berbeda pula untuk menarik wisatawan. Kecamatan Rumbai Timur memiliki sumber daya alam yang menarik, termasuk hutan tropis, keindahan Sungai Siak dan keberagaman hayati. Dengan segala potensi pariwisata yang dimiliki, Kecamatan Rumbai Timur membutuhkan strategi pengembangan pariwisata dengan menerapkan konsep place branding yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan ciri khas Kecamatan Rumbai Timur sebagai destinasi pariwisata yang strategis. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Proses identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada pengembangan branding pariwisata dilakukan dengan teknik Content Analysis. Selanjutnya, dilakukan identifikasi potensi dan masalah dari setiap objek dan daya tarik wisata di Kecamatan Rumbai Timur menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Setelah itu, dilakukan identifikasi tingkat kepuasan pengunjung terhadap faktor-faktor branding dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Terakhir, untuk merumuskan strategi pengembangan wisata alam dan budaya di Kecamatan Rumbai Timur dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Dalam merumuskan strategi wisata alam dan budaya di Kecamatan Rumbai Timur dilakukan 4 tahap sasaran analisis. Berdasarkan hasil sasaran 1 diketahui bahwa terdapat 9 faktor pengembangan branding pariwisata yang terkonfirmasi. Pada sasaran 2 dilakukan kajian terhadap potensi dan masalah dari masing-masing faktor. Pada sasaran 3, dilakukan identifikasi untuk menilai kepuasan pengunjung terhadap fakor branding untuk menentukan tingkat kepentingan strategi pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat total 33 strategi pengembangan pada kelima objek wisata yang diteliti. Strategi pengembangan difokuskan pada objek wisata yang mengalami penurunan kunjungan drastis yakni Danau Buatan, secara spesifik dalam aspek Brand Communication, strategi tersebut diantaranya adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dapat membantu pengelolaan Danau Buatan serta memperkuat peran lembaga kemasyarakatan yang mandiri dan profesional dalam mendukung pengembangan Danau Buatan.

Keywords


Kota Pekanbaru; Pengembangan Pariwisata; Place Branding

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung