Analisis Dinamis dan Kekuatan pada Fase Instalasi Struktur Well Jumper

Ilham Kurniawan, Rudi Walujo Prastianto, Murdjito Murdjito, Fajar Rachmadiarto
Submission Date: 2024-07-18 19:20:04
Accepted Date: 2024-09-17 07:16:57

Abstract


Untuk menyalurkan gas alam dari sumur bawah laut menuju processing platform diperlukan pipa penyalur antara x-mas tree dan PLEM, yaitu pipa well jumper. Proses instalasi Well jumper sangat berisiko, karena bentuknya yang panjang dan sangat langsing sehingga cukup lentur. Penanganan yang tidak tepat bahkan bisa menyebabkan kegagalan pada pipanya. Penelitian ini menganalisis secara dinamis kekuatan struktur saat fase penurunan well jumper dengan simulasi numerik menggunakan software. Selama proses instalasi analisis dilakukan pada tiga kondisi: saat di udara (in air), fase di splash zone, hingga tenggelam (submerged). Pada tiap fase diidentifikasi tension dan lokasi kritis tegangan pada struktur untuk beberapa arah (heading) pembebanan. Hasil analisis menunjukkan tension terbesar pada sling terjadi pada saat kondisi in air dan akan berkurang saat memasuki splash zone, dan semakin berkurang ketika sudah tenggelam 100%. Hal ini akibat efek gaya apung dari struktur tersebut. Meskipun tension sling terbesar terjadi pada kondisi in air, tegangan terbesar pada struktur justru terjadi pada saat di splash zone. UC (unity check) terbesar terjadi pada lifting point (LS 3) pada saat kondisi sebesar 0,25 dan meningkat menjadi 0,286 pada saat di splash zone. Bearing stress dan shear stress yang terjadi pada padeye (LS 3) masih dalam kondisi aman, dengan stress ratio sebesar 0,1 dan 0,15.

Keywords


Instalasi; UC; Bearing Stress; Shear Stress

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung