Analisis Umur Lelah Kapal Akibat Perambatan Retak pada Bracket Ruang Muat

Fardhan Jaya Putera, Septia Hardy Sujiatanti
Submission Date: 2024-08-04 14:12:27
Accepted Date: 2024-09-23 10:27:54

Abstract


Kegagalan struktural seperti kelelahan (fatigue) dapat menyebabkan keretakan pada kapal. Ketika suatu struktur mencapai batas umur kelelahannya, struktur akan mengalami initial crack hingga akhirnya struktur mengalami fracture. Pada kapal tanker, kelelahan struktural sering terjadi pada area-area kritis seperti pada sambungan bracket inner bottom dengan hopper sloping plate (end bracket). Analisis umur lelah kapal dilakukan dengan bantuan software finite element. Di mana perhitungan pembebanan dan pemodelan mengacu pada Common Structural Rules for Double Hull Oil Tankers (CSR-T). Untuk pembebanan pada model global menggunakan beban sloshing muatan tangki (beban internal). Sedangkan pemodelan global pada software finite element menggunakan tiga kompartemen ruang muat dengan end bracket sebagai model lokal. Dari hasil analisis model global dengan metode elemen hingga, diperoleh nilai tegangan normal maksimum pada area end bracket. Selanjutnya nilai tegangan dari hasil analisis model global digunakan untuk analisis model lokal. Hasil analisis model lokal berupa nilai Stress Intensity Factor (SIF) yang digunakan untuk perhitungan umur lelah dengan metode fracture mechanics. Nilai SIF dengan initial crack 10 mm pada model lokal end bracket existing sebesar 528,84 MPa√mm. End bracket model existing menunjukkan umur lelah dengan 519.206,809 cycles yang dikonversi dalam bentuk hari sebesar 631,942 hari.

Keywords


Bracket Ruang Muat; Fracture Mechanics; Perambatan Retak; Stress Intensity Factor (SIF); Umur Lelah

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung 22crown login