Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan VPS Secara Online di PT.Ternakblog

alimuddin Zarkasyi, Sholiq Sholiq
Submission Date: 2012-08-09 01:21:59
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


PT.Ternakblog adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa persewaan Virtual Private Server (VPS) baik untuk perusahaan ataupun perorangan. Pada perusahaan Ternakblog terdapat banyak sekali server yang dibagi dalam ratusan VPS.Pada saat ini, PT.Ternakblog menggunakan aplikasi WHMCS untuk mengatur proses bisnisnya. WHMCS telah menyediakan proses otomisasi untuk mengatur transaksi yang ada di perusahaan, tetapi WHMCS memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah lisensi yang harus dibayar tiap bulan dan juga tidak adanya kemampuan untuk menyimpan data server, sehingga ketika ada client memesan VPS, pengiriman detail VPS akan dilakukan secara manual. Berlatar belakang tersebut, muncul sebuah ide untuk menutupi kelemahan tersebut dengan membuat sebuah aplikasi pemesanan VPS secara online.

Perancangan aplikasi pemesanan VPS secara online ini menggunakan pendekatan metode Unified Process Model(UPM). Dan metode dalam pengerjaan aplikasi ini adalah melakukan studi literatur terlebih dahulu, survey lapangan, identifikasi masalah, analisa kebutuhan yang menghasilkan dokumen ReadySET, setelah itu dilakukan design aplikasi menggunakan Unified Modelling Language (UML), dan pada akhirnya dilakukan pembangunan perangkat lunak.

Pembuatan aplikasi pemesanan vps secara online yang dilakukan ini dipergunakan untuk mempermudah proses bisnis di perusahaan. Aplikasi ini dapat menyimpan data-data VPS yang akan dikirimkan secara otomatis ketika ada pesanan, sehingga akan menciptakan efisiensi di perusahaan.


Keywords


Aplikasi pemesanan; VPS; WHMCS; PT.Ternakblog

Full Text: PDF PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung