Analisis Dampak Pembangunan Pelabuhan Terhadap Biaya Transportasi : Studi Kasus Pelabuhan Teluk Prigi di Wilayah Jawa Timur

Norma Syahnasa Diah Islami, Christino Boyke S.P, Ferdhi Zulkarnaen
Submission Date: 2017-08-02 10:07:09
Accepted Date: 2018-03-13 15:15:51

Abstract


Pemerintah mewacanakan pembangunan Pelabuhan Teluk Prigi sebagai pelabuhan komersil untuk menunjang perekonomian di selatan Jawa Timur, terutama untuk aktivitas bongkar muat barang general cargo, curah dan penumpang . Penelitian ini menggunakan perbandingan biaya transportasi dengan rute melalui pelabuhan Tanjung Perak dan rute melalui Pelabuhan Teluk Prigi menggunakan perhitungan biaya transportasi dan inventory carrying cost. Moda transportasi yang digunakan adalah truk engkel sebagai moda transportasi darat dan kapal general cargo untuk moda transportasi laut. Hinterland dari pelabuhan Teluk Prigi yang terpilih adalah kabupaten Magetan, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Kediri, Trenggalek dan Pacitan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan biaya transportasi dan inventory carrying cost secara keseluruhan dari hinterland dengan tujuan Jakarta, Kalimantan Selatan, Bali, dan NTT lebih rendah jika dikirimkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Selisih unit cost biaya transportasi sebesar Rp. 5.375 per ton untuk tujuan Jakarta, . 9.284,- per ton untuk muatan tujuan Kalimantan, Rp. 1.475,- per ton untuk muatan tujuan Bali dan Rp. 2.846,- per ton untuk muatan tujuan NTT.

Keywords


Pelabuhan Tanjung Perak; Pelabuhan Teluk Prigi; Biaya Transportasi; Inventory Carrying Cost

References