Rancang Bangun Prototipe Sensor Pintar Wearable Berbasis Internet of Things untuk Monitoring Popok

Budiman Agung Wibowo, Hendra Kusuma, Tasripan Tasripan
Submission Date: 2019-01-28 13:58:08
Accepted Date: 2019-07-02 00:00:00

Abstract


Popok adalah suatu jenis pakaian yang berfungsi untuk menampung urine dan feses orang yang tidak bisa mengendalikan pergerakan kandung kemih ataupun pergerakan ususnya. Apabila popok sudah berisi harus segera diganti agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Akan tetapi, seringkali pengasuh lupa ataupun terlalu sibuk sehingga terlambat dalam mengganti popok. Maka dari itu, dikembangkan suatu sensor pintar yang dapat dikenakan (wearable) untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sensor pintar ini berfungsi untuk mengawasi kondisi kelembapan dan temperatur popok dan dapat memberikan informasi tersebut secara realtime tanpa harus memeriksa popok secara rutin. Pada makalah ini akan dirancang suatu sensor pintar berbasis Internet of Things yang dapat dikenakan (wearable). Sistem ini terdiri dari sebuah sensor pintar menggunakan sensor HTU21 untuk mendeteksi kondisi kelembapan dan temperatur popok dan mengirimkan data tersebut ke aplikasi android melalui bluetooth dan sebuah aplikasi android untuk menampilkan hasil pembacaan dan juga memberikan notifikasi apabila popok sudah berisi. Apabila tingkat kelembapan popok sudah melewati 60% dan temperature sudah melewati 33oC maka aplikasi akan memberikan notifikasi dan membunyikan alarm sebagai pengingat untuk mengganti popok. Dari 25 kali pengujian menggunakan urine, perangkat berhasil mendeteksi keberadaan urine sebanyak 18 kali. Sehingga persentasi keberhasilannya adalah sebesar 72%.

Keywords


bluetooth low energy; diaper; internet of things; smart device; wearable sensors

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung