Prediksi Perubahan Penutupan Lahan Pasca Beroperasinya Gerbang Tol (Interchange) Pandaan di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Menggunakan Metode Regresi Logistik Biner

Muhammad Naufal, Cahyono Susetyo
Submission Date: 2019-07-29 16:19:21
Accepted Date: 2020-08-03 00:00:00

Abstract


Pembangunan infrastruktur transportasi akan berpengaruh terhadap perkembangan lahan. Pembangunan Gerbang Tol pada Kecamatan Pandaan bertujuan untuk memicu perkembangan wilayah disekitarnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji kemungkinan perubahan tutupan lahan di sekitar Gerbang TOL Interchange Pandaan di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam mengevaluasi kebijakan dan pertimbangan rencana pemanfaatan lahan, sebagaimana yang terdapat pada rencana tata ruang. Penentuan potensi perubahan tutupan lahan yang dilakukan secara keseluruhan meliputi tiga teknik analisis. Pertama teknik analisis statistik uji KMO dan regresi logistik bertujuan untuk mengidentifikasi variabel penentu perubahan penutupan lahan. Kedua, teknik analisa regresi logistik untuk menghasilkan model matematis perubahan tutupan lahan dan ketiga, teknik analisis spasial digunakan untuk melakukan mengkonversi model matematis perubahan tutupan lahan di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Proses validasi dilakukan dengan menghitung nilai ketepataan model melalui 2 (dua) alternatif, pehitungnan confusion matrix dan perhitungan root mean square error (RMSE). Setiap tahapan penelitian menghasilkan luaran yang saling berkaitan. Terdapat 10 variabel penentu perubahan tutupan lahan yang dihasilkan dari teknik analisis regresi logistik. Tinggi rendahnya kemungkinan perubahan tutupan lahan ditentukan oleh jarak dari variabel-variabel tersebut. Hasil perumusan model spasial perubahan tutupan lahan menunjukan bahwa probabilitas perubahan lahan di Kecamatan Pandaan sebesar 0,00000072289 sampai dengan 0,986763.

Keywords


Gerbang TOL (interchange); Perubahan Tutupan Lahan; Model Regresi Logistik, Model Spasial.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung