Analisa Pengaruh Inertia dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keberlangsungan Penggunaan Layanan Berbasis Aplikasi e-Commerce oleh Masyarakat Menggunakan Metode Structural Equation Modelling
Abstract
Jumlah e-Commerce yang tinggi menyebabkan adanya persaingan antar developer untuk mempertahankan pengguna yang mereka miliki dengan penentuan strategi yang baik. Tujuannya agar konsumen tetap meneruskan penggunaan dari satu jenis e-Commerce dan tidak berpaling kepada merk e-Commerce yang lain. Untuk mendapatkan strategi yang baik, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan variabel kritis dari kemungkinan variabel yang ada. Salah satu caranya adalah menggunakan metode structural equation modelling dan menggunakan aplikasi smartPLS 3.2. Metode dan aplikasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan variabel kritis dari variabel pada model yang telah dibuat dengan cara mengolah 391 data dari jawaban responden yang pernah menggunakan aplikasi Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Dari pengolahan data, didapatkan bahwa continue intention dari penggunaan e-Commerce dipengaruhi oleh user satisfaction dan inertia pengguna. User satisfaction sendiri terdiri dari 4 variabel yakni sikap, fitur, layanan yang diberikan serta valence. Untuk variabel inertia dibentuk oleh variabel situasi dan user satisfaction. Dari variabel kritis tersebut didapatkan 2 strategi, diantaranya strategi pertama menggunakan metode the flower of service yang menghasilkan strategi untuk menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna. Strategi kedua terkait kerjasama yang dapat dilakukan oleh pihak developer dalampeningkatan dan pemerataan jaringan.
Keywords
CC Licencing
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung