Rancang Bangun Jaringan Sensor Nirkabel Berbasis ZigBee untuk Kasus Monitoring Kualitas Air pada Lingkungan Terdistribusi

Benito Danneswara Widyatama, Waskitho Wibisono
Submission Date: 2020-08-11 21:59:22
Accepted Date: 2021-01-25 18:08:05

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir, Wireless Sensor Network (WSN) mendapatkan banyak perhatian dalam bidang aplikasi monitoring dan kontrol baik pada lingkungan hidup maupun industry. Sebagai salah satu jenis komputasi pervasive menggunakan jaringan sensor, WSN menyediakan beberapa keuntungan baik dalam segi fungsi maupun biaya. Pada makalah ini sudah dibuat sebuah sistem untuk mengawasi dan mengevaluasi kualitas air secara real time, dimana nantinya sistem akan menganalisis data dari jaringan sensor nirkabel yang tersebar yang berbasis pada teknologi ZigBee. Sistem monitoring kualitas air ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno. Kemudian untuk mendapatkan data kualitas air, sistem monitoring ini menggunakan beberapa sensor, yaitu sensor Gravity TDS Meter, dan sensor temperatur tahan air DS18B20. Adapun untuk berkirim data antar node, sistem ini memanfaatkan modul XBee S2 Pro, dan mengirim data ke server menggunakan Python. Sistem ini diuji coba mulai dari uji coba fungsionalitas menggunakan beberapa scenario yang telah ditentukan. Semua node router dapat mengoperasikan sensornya dengan baik, membacanya kemudian mengirimkan datanya ke node coordinator. Node coordinator dapat membaca data yang dikirimkan kepadanya dengan baik, untuk kemudian dikeluarkan data serialnya. Script Python kemudian akan membaca data serial yang dikeluarkan oleh node coordinator, untuk kemudian dikirimkan ke server. Dari server data disimpan, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.

Keywords


Wireless Sensor Network; Kualitas Air; Mikrokontroler; Sensor.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung