Park and Ride South Quarter Sebagai Fasilitas Alih Moda di Kota Jakarta

Rizka Amalia Shafira, Siti Nurlaela
Submission Date: 2020-08-10 21:33:26
Accepted Date: 2021-01-28 19:24:10

Abstract


Park and ride merupakan fasilitas alih moda yang menyediakan tempat parkir beserta akses menuju stasiun. Dengan fasilitas park and ride, masyarakat dapat meneruskan perjalanan menggunakan angkutan umum setelah memarkir kendaraan pribadinya, sehingga beban pergerakan ke pusat kota dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah keberadaan fasilitas park and ride dapat mendukung peningkatan penggunaan salah satu angkutan umum di Kota Jakarta yaitu MRT. Park and Ride South Quarter dan perannya terhadap MRT Fatmawati dikaji sebagai studi kasus. Untuk memahami karakteristik pengguna park and ride dan non pengguna park and ride, dilakukan Uji T dan Uji ANOVA. Sedangkan untuk memodelkan peluang peralihan dari non pengguna park and ride ke pengguna park and ride, digunakan metode discrete choice melalui pendekatan stated preference Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Uji T dan Uji ANOVA, terdapat perbedaan karakteristik pada variabel usia, waktu tempuh, jarak perjalanan, dan biaya perjalanan. Selain itu, hasil discrete choice menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi peluang peralihan non pengguna park and ride menjadi pengguna park and ride dalam mendukung penggunaan MRT bagi kendaraan pribadi jenis moda motor adalah waktu berangkat, akses dari park and ride ke Stasiun MRT Fatmawati, akses dari stasiun MRT tujuan ke tujuan perjalanan, keamanan parkir, serta tarif parkir, dengan potensi peluang market share eksisting yaitu 15,80% dan estimasi peluang terbesar mencapai 28,95%. Sedangkan pada jenis moda mobil, faktor yang mempengaruhi adalah usia, maksud perjalanan, akses dari park and ride ke Stasiun MRT Fatmawati, akses dari stasiun MRT tujuan ke tujuan perjalanan, serta keamanan parkir, dengan potensi peluang market share eksisting yaitu 13,95% dan estimasi peluang terbesar mencapai 30,09%.

Keywords


MRT; Park and Ride; Regresi Logistik Biner.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung