Analisis Proses Bisnis dan Perancangan Prosedur Operasional Standar Platform Digital Kurban Online Ternaknesia

Ailin Muvidah, Imam Baihaqi, Reny Nadlifatin
Submission Date: 2020-08-14 13:08:08
Accepted Date: 2021-01-25 18:09:23

Abstract


Jumlah penduduk beragama islam di Indonesia mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Namun, hal itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan jumlah pemenuhan beberapa kebutuhan ibadah salah satunya hewan kurban (sapi, kambing, dan domba). Berbagai cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemenuhan pelaksanaan ibadah kurban, salah satu caranya adalah dengan penggunaan teknologi dalam memasarkan produk hewan kurban kepada konsumen. Banyak lembaga yang memanfaatkan peluang ini, salah satunya PT Ternaknesia Farm Innovation. Ternaknesia adalah platform digital untuk mengatasi permasalahan yang dialami peternak dari hulu (permodalan) hingga hilir (pemasaran hasil peternakan). Melalui Divisi Smartqurban, kurban penyaluran sebagai salah satu program kurban online yang menyalurkan hewan kurban kepada daerah yang membutuhkan, belum memiliki pemetaan proses bisnis dan standar operasional baku yang tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses bisnis dan merancang Prosedur Operasional Standar (POS) dari Program Kurban Penyaluran Ternaknesia. Pemetaan proses bisnis dimulai dengan identifikasi menggunakan Fishbone Diagram untuk menganalisis permasalahan yang terjadi dilanjutkan dengan pemodelan proses bisnis menggunakan Diagram Business Process Modelling Notation (BPMN) dan Integration Definition Language 0 (IDEF0). Hasil dari pemetaan proses bisnis kemudian dibuatkan SOP untuk dijadikan acuan baku tertulis bagi perusahaan. Berdasarkan analisis didapatkan enam belas akar permasalahan dari kurban penyaluran ternaknesia. Hasil pemetaan proses bisnis menunjukkan terdapat tujuh aktivitas utama yang tergambar dalam diagram BPMN dan empat level dekomposisi IDEF0 kurban penyaluran ternaknesia. Lalu dibuat rancangan Prosedur Operasional Standar untuk menjadi alternatif perusahaan dalam menjaga standar baku nya. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan oleh Ternaknesia untuk menjalankan program Kurban Penyaluran di tahun berikutnya

Keywords


Fishbone Diagram; IDEF0; Kurban Online; Proses Bisnis; SOP.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung