Perencanaan Sistem Penyaluran dan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik di Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya

Arsita Puspita Dewi, Agus Slamet
Submission Date: 2020-08-15 21:41:01
Accepted Date: 2021-01-25 21:23:25

Abstract


Berdasarkan studi EHRA 2015, Kelurahan Rangkah termasuk ke dalam klasifikasi beresiko tinggi terhadap kesehatan lingkungan yang disebabkan oleh kondisi sanitasi yang masih buruk. Walaupun sebagian besar penduduk sudah memiliki toilet, namun masih ada yang belum dilengkapi dengan tangki septik. Sedangkan grey water dialirkan ke saluran drainase tanpa diolah. Hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Perencanaan ini bertujuan untuk mendesain sistem penyaluran dan instalasi pengolahan air limbah domestik secara komunal. Tahapan perencanaan dimulai dari perizinan, survei lokasi, pengumpulan data, studi literatur, pengolahan data, pembahasan dan kesimpulan. Data yang digunakan dalam perencanaan adalah data primer, berupa kualitas air limbah dan survey kondisi eksisting dan data sekunder yang berupa HSPK Kota Surabaya, data topografi dan data pemakaian air bersih. Data primer diambil dari pengukuran langsung dilapangan dan pengambilan sampel di kelurahan Rangkah sedangkan data sekunder didapat dari dinas terkait. Jumlah penduduk yang dilayani pada perencanaan ini yaitu 21530 jiwa. Kualitas air limbah domestik yang diolah yaitu TSS= 140 mg/L, BOD = 142 mg/L, COD= 235 mg/L, Minyak dan lemak= 12 mg/L, Amoniak= 22,47 mg/L dan Total koliform= 1012 MPN/100 mL sampel. Sistem penyaluran air limbah yang digunakan yaitu shallow sewer dengan diameter pipa yang digunakan 110 mm, 160 mm, 200 mm, 250 mm dan 300 mm. Kedalaman maksimum penanaman pipa air limbah yaitu pada kedalaman 2,99 m dengan titik pemompaan sebanyak 4 tempat. Sedangkan unit instalasi pengolahan air limbah yang digunakan yaitu kombinasi Anaerobic Baffled reactor (ABR) – Aerobic Biofilter dengan volume efektif masing-masing yaitu 696 m3 dan 274 m3 . Kualitas effluen yang dihasilkan yaitu BOD = 4,8 mg/L, COD= 9,5 mg/L, TSS = 4,9 mg/L, NH3 out= 5,1 mg/L ,Total Koliform = 3000 MPN/100 mL. Total biaya yang dibutuhkan yaitu Rp. 29.297.569.000

Keywords


ABR; Aerobic Biofilter; Air Limbah Domestik; Rangkah; Shallow Sewer

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung