Studi Analisis Kinerja Regenerative Brake-by-wire System pada Sepeda Motor Hybrid dengan Konfigurasi Seri

Fajri Al Furqan, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2021-03-10 13:21:26
Accepted Date: 2021-08-31 07:57:27

Abstract


Kendaraan listrik hybrid (hybrid electric vehicle) adalah jenis kendaraan hybrid yang menggabungkan sistem mesin pembakaran internal konvensional dengan sistem propulsi listrik. Kehadiran powertrain listrik bertujuan untuk mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada kendaraan konvensional. Pada sistem hybrid, energi kinetik yang keluar dari kendaraan ditangkap dan disimpan guna mengurangi kebutuhan energi kendaraan untuk bergerak dan meningkatkan efisiensi. Energi tersebut mengurangi kerugian energi yang diakibatkan oleh gaya-gaya yang bekerja saat kendaraan bergerak. Untuk mendapatkan kinerja pengereman yang lebih optimal, pengereman regeneratif dan brake-by-wire digunakan dengan menggantikan sistem pengereman konvensional. Meskipun penelitian regenerative brake-by-wire system sudah mulai banyak dilakukan pada kendaraan, pengembangan teknologi tersebut masih belum banyak diaplikasikan pada sepeda motor hybrid. Oleh karena itu, penelitian dilakukan pada sepeda motor. Penelitian regenerative brake-by-wire system terbagi dalam dua tahapan utama, yaitu tahap perhitungan dan tahap analisis terhadap besar gaya dan porsi, kontribusi dan efisisensi sistem rem regenerative brake-by-wire system. Dalam tahap perhitungan, dilakukan perhitungan gaya hambat yang bekerja pada kendaraan saat bergerak, perhitungan daya, dan besar energi pengereman yang bisa ditangkap berdasarkan driving cycle WMTC kelas 1 dan WMTC kelas 2. Selanjutnya untuk tahap analisis akan dilakukan analisis terhadap hasil yang didapatkan pada tahap perhitungan sebelumnya. Dari penelitian ini didapatkan porsi dan gaya pengereman regenerative brake-by-wire bekerja secara penuh tanpa adanya bantuan dari rem mekanis pada variasi j/g 0 sampai 0,5 dengan nilai gaya pengereman aktual terbesar adalah sebesar 1002,71N. Besar kontribusi sistem rem regenerative brake-by-wire terhadap kebutuhan daya kendaraan pada driving cycle WMTC kelas 1 dan 2 adalah 38,48% dan 33,55%. Besar efisiensi sistem rem regenerative brake-by-wire pada sepeda motor hybrid dengan driving cycle WMTC kelas 1 dan 2 adalah 54,89% dan 54,31%.

Keywords


Brake-by-Wire; Energi Pengereman; Regenerative Brake; Sepeda Motor Hybrid.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung