Desain dan Evaluasi Antarmuka Pengguna Responsif Aplikasi myITS Connect Modul Job Marketplace Menggunakan Metodologi User-centered Design

Paramastri Ardiningrum, Hadziq Fabroyir, Rizky Januar Akbar
Submission Date: 2021-08-02 11:48:42
Accepted Date: 2021-12-22 11:47:35

Abstract


Bekerja merupakan aktivitas dasar manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada umumnya, di Indonesia seseorang mulai mencari pekerjaan ketika mereka baru saja lulus dan mendapat gelar sarjana. Mahasiswa yang menjalani perkuliahan bisa juga mencari pekerjaan di perusahaan melalui kesempatan magang. Di lain sisi, perusahaan pun setiap tahunnya membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Ditambah lagi, munculnya kebijakan Kampus Merdeka menuntut Perguruan Tinggi, termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember, untuk dapat menyesuaikan program kerja dan melaksanakannya. Sebagai tindak lanjut, sebuah platform diperlukan oleh perusahaan untuk dapat melakukan pratinjau terhadap pengalaman dan kompetensi calon pegawainya, serta oleh para pencari kerja untuk melakukan eksplorasi lowongan yang sedang dibuka. Aplikasi myITS Connect dirancang dengan Modul Job Marketplace untuk para mahasiswa dan lulusan ITS yang ingin melamar program magang ataupun kerja penuh waktu. Mereka akan dipertemukan dengan perusahaan baik milik alumni ITS maupun publik. Perancangan antarmuka pengguna aplikasi myITS Connect dilakukan dengan menggunakan metodologi User-centered Design. Observasi kebutuhan pengguna aplikasi dilakukan melalui proses wawancara dengan beberapa orang terkait pengalaman yang saat ini dirasakan. Kemudian, data observasi yang dihasilkan akan diolah melalui Affinity Mapping yang pada akhirnya menghasilkan target pengguna serta daftar kebutuhannya. Setelah serangkaian analisis dilakukan, proses perancangan dapat dimulai dengan menyusun komponen antarmuka pengguna dalam bentuk purwarupa hingga prototipenya. Untuk memastikan bahwa rancangan yang telah dibuat adalah benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kemudahan bagi pengguna, pengujian dilakukan melalui Usability Evaluation sebanyak dua kali iterasi. Hasil dari pengujian akan dievaluasi guna menghasilkan rancangan antarmuka pengguna yang sesuai. Kemudian, pengujian dilanjutkan berdasarkan 10 prinsip Heuristic Evaluation. Setelah mendapatkan rancangan yang disepakati, aplikasi myITS Connect diimplementasikan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript sesuai dengan templat Dashforge. Aplikasi dapat diakses pada perangkat komputer maupun mobile dengan antarmuka pengguna yang responsif.

Keywords


Desain Pengalaman Pengguna; Job Marketplace; myITS Connect; User-centered Design; Usability.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung