Evaluasi Kualitas Layanan ITS Press dengan Integrasi Metode SERVQUAL, QFD, dan FMEA (Studi Kasus: Pelayanan Cetak Buku Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi)

Amilatul Jariyah, Imam Baihaqi, Prahardika Prihananto
Submission Date: 2021-08-03 07:40:24
Accepted Date: 2021-12-22 11:47:59

Abstract


Setiap organisasi yang bergerak dibidang pelayanan perlu memperhatikan kualitas layanan untuk mempertahankan eksistensinya dan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Begitu juga dengan ITS Press yang menjadi salah satu unit usaha mandiri bentukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang berstatus PTN-BH. ITS Press berguna untuk memenuhi kebutuhan internal institusi di bidang produksi percetakan dan penerbitan. ITS Press berinovasi dengan mengembangkan platform yaitu myITS Printing sebagai wadah yang memberikan layanan secara online salah satunya untuk mencetak buku Tugas Akhir. Namun kenyataannya, wisudawan yang melakukan pencetakan buku di ITS Press masih sedikit jika dibandingkan dengan total keseluruhan wisudawan. Padahal hal tersebut dapat menjadi peluang ITS Press dalam meningkatkan kemampuan revenue generation. Tujuan penelitian ini adalah mengukur kualitas pelayanan pencetakan buku, membangun House of Quality (HOQ), dan memberikan rekomendasi perbaikan serta potensi risiko dalam pelayanan pencetakan buku Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi melalui myITS Printing di ITS Press. Metode penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL, QFD, dan FMEA. Data dikumpulkan dengan media kuesioner online menggunakan google form dengan jumlah responden 106 sampel yang didasarkan pada atribut SERVQUAL berbasis website pada konsumen cetak buku Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi melalui myITS Printing. Kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta outliers s analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan 19 atribut kepuasan konsumen cetak buku Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi melalui myITS Printing. Selanjutnya, untuk 9 atribut kepuasan konsumen yang perlu diperbaiki diolah lebih lanjut menggunakan HOQ. Hasil HOQ menunjukkan terdapat 6 langkah perbaikan dengan prioritas utama melakukan penyeragaman spesifikasi. Selain itu, terdapat 4 potensi kegagalan yang telah diidentifikasi menggunakan FMEA untuk menentukan potensi kegagalan yang harus dihindari.

Keywords


FMEA; Kualitas Layanan; Percetakan; QFD; SERVQUAL

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung