Evaluasi Penentuan Shelter BRT (Bus Rapid Transit) di Kota Serang

As Sakinah, Siti Nurlaela
Submission Date: 2021-08-16 20:21:22
Accepted Date: 2021-12-22 17:42:41

Abstract


Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun semenjak Banten menjadi provinsi, pertumbuhan kendaraan naik sekitar 600%. (Renja TA 2016). Penggunaan angkutan umum/lyn merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Serang untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan transportasi yang layak. Namun, minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum/lyn cenderung rendah dikarenakan angkutan umum/lyn tidak memiliki jadwal pemberangkatan yang pasti. Menurut RTRW Kota Serang 2010-2030 terdapat rencana pembangunan BRT untuk memenuhi kebutuhan transportasi massal.. Saat ini sudah terdapat 15 kandidat shelter dari BRT sudah direncanakan oleh pemerintah daerah Kota Serang, namun, perlu adanya pengevaluasian penentuan shelter BRT agar lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, metode analisis pertama yang digunakan yaitu dengan analisis Delphi, AHP (Analytical Hierarchy Process), dan terakhir dilajut dengan metode analisis Skoring. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat 4 kandidat shelter yang tergolong sangat sesuai untuk dibangun, 3 kandidat shelter yang tergolong sesuai untuk dibangun, 3 kandisat shelter yang tergolong cukup sesuai untuk dibangun, 2 kandidat helter yang tergolong kurang sesuai untuk dan terdapat 3 kandidat shelter yang tidak sesuai untuk dibangun Diharapkan penelitian ini dapat membantu stakeholder berwenang dan pemerintah daerah Kota Serang untuk melakukan perencanaan terkait penentuan lokasi shelter BRT di Kota Serang.

Keywords


Penentuan Lokasi Shelter; Bus Rapid Transit (BRT); Analytical Hierarchy Process (AHP); Delphi; Skoring

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung