Analisis Kondisi dan Perbaikan Perkerasan pada Ruas Jalan R. E. Martadinata, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara

Daniel Pratama Sinaga, Cahya Buana
Submission Date: 2021-08-16 20:29:56
Accepted Date: 2021-12-22 17:42:46

Abstract


Jalan yang rusak akan menghambat serta mengganggu aktivitas masyarakat, seperti yang ditemui pada ruas Jalan R. E. Martadinata di kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jalan tersebut mengalami kerusakan sepanjang 3,4 kilometer dari total panjang 7,4 kilometer. Kerusakan tersebut terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah kendaraan berat dengan muatan berlebih yang mengangkut barang dari Pelabuhan Tanjung Priok dan proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Metode yang digunakan untuk melakukan penilaian kondisi perkerasan adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Selanjutnya direncanakan perbaikan kerusakan perkerasan berdasarkan hasil survei lapangan dan analisis PCI. Dalam perencanaan, ada dua jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Untuk data primer berupa data kerusakan jalan dan data lalu lintas. Sedangkan untuk data sekunder berupa data HSPK. Setelah itu dilakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan dalam melaksanakan perbaikan perkerasan. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa kendaraan yang paling berpengaruh terhadap kerusakan pada jalan R. E. Martadinata adalah truk trailer dengan konfigurasi sumbu 1.2 – 2.2 dengan persentase daya rusak jalan (VDF) sebesar 43,88 %. Nilai rata-rata PCI untuk semua segmen adalah 75,56 yang berarti jalan dalam kondisi baik. Meskipun kondisi keseluruhan baik, namun ada beberapa segmen yg memiliki kondisi buruk seperti pada segmen STA 2+200 sampai STA 2+600 sehingga harus dilakukan perbaikan. Perbaikan kerusakan yang digunakan ada 3 macam yaitu pengisian keretakan (crack sealing), penambalan (patching), dan pemadatan tanah. Total biaya untuk perbaikan perkerasan sebesar Rp 178.896.000.

Keywords


Karakteristik Lalu Lintas; Kerusakan Jalan; Perkerasan Kaku; Rencana Anggaran Biaya

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung