Visualisasi Batas Fisik dan Yuridis Hak Strata Title Menggunakan Building Information Modelling (Studi Kasus: Rusunawa Buring II Malang)

Nadia Rachmadiyanti, Yanto Budisusanto
Submission Date: 2021-08-17 17:24:46
Accepted Date: 2021-12-22 11:52:30

Abstract


Kebutuhan akan implementasi kadaster tiga dimensi (3D) semakin mendesak. Pendekatan yang saat ini terfokus pada bidang tanah 2D sudah saatnya dikembangkan kearah pendekatan 3D yang mengakomodasi aspek ruang. Salah satu penerapan konsep strata title adalah sertifikat hak milik satuan rumah susun (SHMSRS). Penerapan sistem 2D pada hak strata title menjadi kurang tepat karena tidak dapat menggambarkan keadaan sebenarnya. Kebutuhan rumah susun di Kota Malang hingga Tahun 2032 diasumsikan sekitar 30% dari jumlah kebutuhan rumah secara keseluruhan. Sebesar 17% dari kebutuhan rumah tambahan tipe kecil yang dialokasikan menjadi rumah susun, dengan jenis rumah susun umum atau khusus. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang komprehensif tentang batas fisik dan yuridis pada sistem kepemilikan dan penguasaan hak atas properti satuan rumah susun (sarusun) bagi stake holder yang terlibat didalamnya. Stake holder yang dimaksud antara lain pemerintah, subyek hak atas sarusun, notaris, surveyor dan pengelola sarusun. Visualisasi secara 3D akan memberikan gambaran kepastian batas yang jelas dan meminimalkan munculnya permasalahan dalam pemanfaatan ruang secara keseluruhan. BIM digunakan untuk membuat model geometri bangunan gedung secara lebih detail dalam bentuk 3D. BIM memiliki keunggulan pada informasi geometris dan semantik yang beragam. Penggunaan BIM dapat dimanfaatkan untuk mengintegrasikan batas yuridis dan fisik tingkat bangunan secara detail. Melalui penelitian ini akan dilakukan visualisasi batas yuridis dan fisik dari bangunan secara 3D sehingga akan merepresentasikan perspektif real dari fitur bangunan yang akan memudahkan pemahaman interpretasi bahasa hukum dalam UU No. 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun.

Keywords


BIM; Batas Yuridis dan Fisik; Kadaster 3D; Rumah Susun; Visualisasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung