Teknik Penyembunyian Data yang Reversible pada Citra JPEG Terenkripsi

Khonza Rizky Ramadhan, Wirawan Wirawan
Submission Date: 2021-08-17 19:01:38
Accepted Date: 2021-12-22 11:52:36

Abstract


Dengan semakin banyaknya fasilitas penyimpanan publik data di cloud storage dengan menggunakan internet sebagai sarana pertukaran informasi data. Dengan internet setiap orang bisa mendapatkan informasi apapun baik itu tidak rahasia maupun rahasia, informasi yang rahasia ini memerlukan aspek keamanan sebagai pencegahan dari pihak yang tidak berwenang. Apabila informasi rahasia didapatkan oleh pihak yang tidak berwenang, informasi yang rahasia dapat diubah maupun dimanipulasi sehingga informasi rahasia tersebut tidak tersampaikan dengan baik kepada pihak yang ditujukan. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan pada data atau informasi seperti citra yaitu dengan melakukan teknik penyembunyian data yang reversible. Kebanyakan teknik penyembunyian data dilakukan pada citra yang belum terkompres. Steganografi merupakan salah satu teknik penyembunyian data yang dilakukan secara reversible. Dalam penelitian ini telah dilakukan simulasi penyembunyian data terhadap citra data sebagai informasi rahasia yang disisipkan pada citra host sebagai media penampung kemudian dilakukan pemulihan agar mendapatkan kembali informasi citra data yang telah disisipkan. Keberhasilan pemulihan citra data bisa dilakukan dengan membandingkan terhadap citra data asli dengan menggunakan pengukuran parameter korelasi koefisien (CC). Semakin baik kualitas citra data pemulihan akan memiliki nilai CC yang mendekati nilai 1. Dalam penelitian ini telah dilakukan pengujian dengan berbagai skenario terhadap 4 citra host dan 4 citra data yang berbeda. Dari pengujian terhadap 4 citra data berbeda yang berbentuk teks, dan diperoleh hasil CC rata-rata sebesar 0.959375, dengan nilai CC terbaik sebesar 0.97268 dan terendah sebesar 0.95015. Nilai CC tertinggi diperoleh dari citra data asli dengan kondisi teks yang paling jelas dan bold, sementara CC terburuk diperoleh dari kondisi citra data berisi teks dengan ukuran karakter yang kecil dan tipis.

Keywords


Citra; Pemulihan; Teknik Penyembunyian Data

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung