Perencanaan Gerbang Tol Serang - Panimbang

Satrio Luhur Wicaksono, Wahju Herijanto, Agung Gde Kartika
Submission Date: 2021-08-20 20:08:22
Accepted Date: 2021-12-22 17:44:22

Abstract


Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar. Sedangkan, arti dari tol adalah sejumlah uang tertentu yang dibayarkan untuk penggunaan jalan tol. Jalan tol dibuat bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, jalan tol harus menyediakan arus yang bebas hambatan agar tujuan dari dibuatnya jalan tol dapat tercapai sebagaimana mestinya. Untuk mencapai tujuannya dibutuhkannya gerbang tol sebagai penghubung jalan arteri dan jalan tol yang dapat berfungsi secara optimum. Perencanaan gerbang tol Serang - Panimbang ini merencanakan jumlah gerbang tol pada tahun 2021. Metode yang digunakan dalam perencanaan gerbang tol Serang - Panimbang adalah First In First Out untuk disiplin antrian dan Single Channel – Single Phase sebagai struktur dasar dalam proses antrian dengan menggunakan 2 sistem gerbang tol Gardu Tol Otomatis (GTO) dan On Board Unit (OBU). Metode survei yang digunakan adalah menghitung durasi waktu pelayanan menggunakan alat pengukur waktu stopwatch. Perencanaan gerbang tol ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Di dalam penelitian ini juga merencanakan Multi Lane Free Flow (MLFF). Perencanaan MLFF menghitung data masukan lalulintas pada jam puncak, mengitung kapasitas jalan, dan juga menghitung derajat kejenuhan. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberi alternatif perancangan gerbang tol untuk rute jalan tol Serang - Panimbang yang efisien dan optimal. Selain itu dalam penelitian ini juga memberikan data dan perhitungan yang optimal dalam menentukan jumlah gardu yang dibutuhkan sesuai dengan tingkat volume kendaraan. Selain itu juga memberikan kajian tentang MLFF untuk perencanaan pada gerbang tol ini.

Keywords


Gerbang Tol; Gerbang Tol Serang - Panimbang; Gardu Tol Otomatis (GTO) dan On Board Unit (OBU); Multi Lane Free Flow (MLFF)

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung