Analisa Torsional Rigidity dan Bending Stiffness pada Bus Elektrik PUI-SKO ITS Konversi ICE ke BEV dengan Variasi Cross Member

Bacharuddin Yusuf Wahyudi, Bambang Sudarmanata, Julendra Bambang Ariatedja
Submission Date: 2021-08-22 18:32:27
Accepted Date: 2021-12-22 17:45:03

Abstract


Perkembangan jumlah transportasi kian hari kian meningkat. Mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Hal ini dikarenakan populasi yang terus bertambah dan juga ekonomi yang meningkat. Hal ini berdampak pada populasi kendaraan dijalanan yang meningkat juga, sehingga transportasi umum menjadi solusi yang dapat diambil untuk mengatasi kepadatan kendaraan ini, salah satunya adalah bus. Bus yang beredar di masa kini mayoritas merupakan kendaraan berbahan bakar fosil yang mana memberikan efek buruk pada lingkungan. Bus dengan tenaga listrik sudah ada namun masih terbatas dan terbilang jauh lebih sedikit jumlahnya. ITS melalui PUI-SKO memiliki solusi untuk mengatasi ini dengan ikut mengembangkan bus listrik yang ramah lingkungan. Dengan mencoba menggunakan sistem retrofit, menggunakan chassis dari bus ICE yang masih bisa digunakan untuk dikonversi menjadi BEV, tentunya akan lebih menghemat biaya dalam produksinya. Namun karena ada berbagai kebutuhan yang harus ada dalam kendaraan BEV seperti tempat baterai, maka diperlukan penambahan struktur ataupun modifikasi pada cross member. Dengan adanya perubahan ini tentu karakteristik dari kekakuan torsi dan bending kendaraan akan berubah juga. Metode yang digunakan adalah dengan metode simulasi 3D dan dilakukan pemodelan chassis ICE, chassis konversi BEV, dan chassis alternatif BEV dengan variasi cross member. Uji yang dilakukan merupakan uji torsi dan uji bending untuk mendapatkan nilai torsional rigidity dan bending stiffness. Analisis yang didapatkan berupa chassis ICE memiliki nilai terkecil untuk kekakuan torsi dan bending. Nilai kekakuan torsi terbesar pada chassis alternatif BEV, dan kekakuan bending terbesar pada chassis BEV. Hasil lain didapatkan bahwa cross member berpengaruh terhadap kekakuan torsi namun kurang memberikan pengaruh untuk kekakuan bending.

Keywords


Bending Stiffness; Cross Member; Torsional Rigidity

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung