Studi Eksperimental Efek Peletakan Sudu Returning Dekat Dinding pada Jarak G/D = 1,4558 Terhadap Kinerja Turbin Angin Savonius

Ferdy Rezka Refanio, Tri Yogi Yuwono
Submission Date: 2022-02-09 19:12:29
Accepted Date: 2022-04-18 10:15:07

Abstract


Laju pertumbuhan penduduk Indonesia dan konsumsi listrik nasional meningkat tiap tahunnya. Produksi listrik di Indonesia sebagian besar dihasilkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar energi tak terbarukan yang semakin lama akan berkurang dan selain itu pembakarannya akan melepaskan gas CO2 yang menyebabkan pemanasan global. Cara untuk mengurangi penggunaan energi tak terbarukan yaitu mengoptimalkan energi baru terbarukan seperti energi angin. Dengan kecepatan angin di Indonesia yang terbilang rendah, jenis turbin angin yang cocok adalah turbin angin Savonius. Turbin angin ini memiliki efisiensi yang rendah sehingga diperlukan penelitian untuk meningkatkan kinerjanya, salah satunya dengan mengintegrasikan turbin angin Savonius dengan gedung. Penelitian ini menggunakan turbin angin Savonius 2 sudu dengan diameter sudu turbin (D) sebesar 165,2 mm. Jarak antara pusat poros turbin angin Savonius dengan dinding terhadap diameter sudu turbin (G/D) sebesar 1,4558. Variasi kecepatan aliran angin antara lain 4; 5; 6; 7; 8; 9; dan 10 m/s. Dengan parameter tetap yang digunakan yaitu H/L = 1; S/D = 4,91; T/D = 1,16; dan K/D = 1,31. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah dengan peletakan dinding bangunan dekat returning blade turbin angin Savonius dengan rasio G/D = 1,4558 efektif dalam meningkatkan kinerja turbin angin Savonius pada kecepatan 9 dan 10 m/s peningkatan Cp maksimum tertinggi didapatkan pada kecepatan 9 m/s dengan kenaikan sebesar 41,15%. Peningkatan Cm maksimum tertinggi terjadi pada kecepatan 10 m/s dengan peningkatan sebesar 22,75%. Adanya dinding bangunan dapat meningkatkan kemampuan self starting dari turbin angin Savonius pada seluruh variasi kecepatan.

Keywords


Turbin Angin Savonius; Dinding Bangunan; Kecepatan Angin; Coefficient of Power; Coefficient of Moment

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung