Penilaian Efektivitas Fungsi Alun-Alun Arek Lancor Sebagai Ruang Terbuka Publik dengan Pendekatan Sustainable Urban Landscape

Djamiatur Riskiyah, Mochamad Yusuf
Submission Date: 2022-07-28 12:47:19
Accepted Date: 2022-12-12 10:08:30

Abstract


Alun-alun sebagai salah satu ruang terbuka publik yang memiliki fungsi signifikan dan proporsi yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek, baik aspel sosial, ekologis, ekonomi, bahkan estetika. Namun nyatanya pelayanan Alun-Alun Arek Lancor Kabupaten Pamekasan sebagai ruang sosio-cultural dirasa masih belum optimal. Indikasinya adalah minimnya fasilitas, prasarana umum, pengunjung, hingga peran RTH. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas fungsi Kawasan Alun-Alun Arek Lancor sebagai ruang terbuka publik melalui pendekatan Sustainable Urban Landscape yang diintegrasikan dengan kriteria perancangan baik secara fisik maupun non fisik. Pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan kuesioner serta penggunaan dokumen sekunder. Teknik analisa yang digunakan adalah AHP untuk mengetahui kriteria prioritas dalam konsep Sustainable Urban Landscape berdasarkan masukan ahli, dilanjutkan dengan analisis skoring variabel dalam konsep Sustainable Urban Landscape dari hasil analisis sebelumnya yang didasarkan pada penilaian masyarakat setempat dan observasi. Hasil penelitian diketahui variabel prioritas adalah variabel keamanan, keberlanjutan ekologis, aksesibilitas, kesehatan, dan amenitas sebagai variabel dengan urutan prioritas tertinggi. Selanjutnya adalah variabel citra dan identitas lokal, akses keluar masuk, relaksasi, flexible design, dan atraksi yang merupakan variabel dengan tingkat prioritas rendah. Adapun untuk tingkat pelayanan efektivitas Alun-Alun Arek Lancor sebagai ruang terbuka publik dari setiap aspek menunjukkan pelayanan Alun-Alun Arek Lancor berdasarkan preferensi masyarakat sudah baik sedangkan berdasarkan hasil observasi masih terdapat beberapa aspek yang kurang optimal. Terdapat variabel prioritas pada aspek fisik yang merupakan variabel dengan prioritas tinggi masih memiliki kualitas pelayanan dibawah 80%. Begitu juga untuk kriteria aspek non fisik dimana variabel prioritas memiliki performa pelayanan tinggi, namun angka persentase performa dari setiap variabel secara keseluruhan masih dibawah 80%.

Keywords


Alun-Alun; Penilaian Efektivitas; Ruang Terbuka Publik; Sustainable Urban Landscape

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung