Evaluasi Kinerja Metode Clock Recovery PLL Loop untuk Modulasi dan Demodulasi BPSK pada Dua Board DSK TMS320C6713

Sun'anul Huda, Achmad Affandi
Submission Date: 2012-07-10 12:30:04
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Radio merupakan perangkat telekomunikasi yang mengirim gelombang elektromagnetik dimana gelombang ini merambat melalui udara. Perangkat radio terdiri dari komponen elektronika analog yang digunakan untuk mengolah sinyal secara sederhana serta memiliki kemampuan yang terbatas. Komponen elektronika analog belum bisa memenuhi kebutuhan teknologi telekomunikasi saat ini, seperti laju bit tinggi dan perangkat yang kecil. Memasuki era digital mengakibatkan perkembangan komponen elektronika hingga saat ini muncul perangkat elektronika terprogram. Dalam tugas akhir ini, dilakukan pengujian kinerja dari salah satu metode clock recovery, yaitu phase-locked-loop yang akan dimasukkan ke dalam sistem demodulasi BPSK yang diimplementasikan pada sepasang board DSK TMS320C6000. Ada dua buah implementasi yang diuji dalam tugas akhir ini, yaitu implementasi modulasi dan demodulasi BPSK tanpa menggunakan PLL dan dengan menggunakannya. Dari hasil implementasi tersebut, kemudian diuji, dianalisis dan ditentukan berapa besar penurunan nilai BER-nya, sehingga bisa diketahui apakah penggunaan metode PLL dibutuhkan pada sistem modulasi dan demodulasi BPSK yang diimplementasikan pada DSK TMS320C6000.

Keywords


BPSK; DSK TMS320C6000; BER; SNR; phase-locked-loop

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung