Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sains dan Seni ITS?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

INFORMASI UMUM

  1. Manuskrip harus asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam jurnal ilmiah manapun, manuskrip tersebut tidak diajukan untuk dipublikasikan di tempat lain, dan tidak akan diserahkan ke media manapun selama proses peninjauan, kecuali jika penulis telah secara resmi menarik naskah dari Jurnal Sains dan Seni ITS. Pernyataan tersebut harus dinyatakan dalam pernyataan orisinalitas dan formulir pelepasan hak cipta (Form Copyright Notice).
  2. Jurnal Sains dan Seni ITS menggunakan Similarity Check yang didukung oleh iThenticate untuk mencegah plagiarisme dalam manuskrip
  3. Naskah mencakup berbagai topik penelitian dalam Matematika dan terapannya, Statistika dan terapannya, Fisika dan terapannya, Kimia dan terapannya, Biologi dan terapannya, Produk Desain dan Arsitektur
  4. Jurnal ini diterbitkan 2(dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September.
  5. Setiap pemakalah yang hendak mempublikasikan makalahnya di Jurnal Teknik ini wajib mematuhi setiap peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  6. Jurnal ini tidak memungut biaya pendaftaran artikel (free submission fee) maupun penanganan/pemrosesan artikel (free handling charge).
  7. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara terbuka oleh publik.

KETENTUAN NASKAH

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia  dan menggunakan standar kaidah ilmiah
  2. Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word, kecuali Grafik dengan menggunakan program Microsoft Excel dan Angka dengan format JPEG atau PDF.
  3. Naskah harus diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan 10pt, spasi 1 dan dua kolom.
  4. Tabel, Grafik, dan Gambar harus ditempatkan setelah Referensi naskah.
  5. Manuskrip terdiri dari tiga sampai lima halaman..

Ketentuan Sistematika Penulisan:

  1. Judul: Ditulis singkat dan padat (max 15 kata)
  2. Nama Penulis: Nama penulis ditulis tanpa gelar, asal lembaga, negara, dan alamat email.
  3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstrak memuat uraian mengenai tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea, disarankan 100 hingga 300 kata.
  4. Kata Kunci: Kata kunci berisi ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti. Tuliskan kata kunci 4 atau 5 buah kata kunci menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma..
  5. Pendahuluan: Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, kajian literatur terdahulu (state of the art), permasalahan penelitian dan di bagian akhir harus memuat tujuan penelitian
  6. Metodologi Penelitian: Bagian ini memuat URAIAN PENELITIAN dan dapat disesuaikan dengan keperluan penelitian Anda.
  7. Hasil dan Pembahasan: Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian instrumen dan hipotesis (jika ada), jawaban pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan interpretasi temuan-temuan.
  8. Kesimpulan dan Simpulan: Menyajikan simpulan hasil penelitian dan saran yang disampaikan oleh peneliti.
  9. Daftar Pustaka: Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel, hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di Jurnal Sains dan Seni ITS adalah mengikuti style IEEE.

 

Petunjuk proses pendaftaran makalah untuk publikasi di Jurnal Sains dan Seni dapat dilihat di dokumen proses pendaftaran. Sedangkan petunjuk bagi Petugas TA dapat dilihat di Manual Petugas TA.

Aturan tentang tata cara penulisan makalah yang berlau di lingkungan Jurnal Teknik dan Seni serta template makalah dapat diunduh di Gaya selingkung.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Makalah yang akan dipublikasikan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses pendaftaran untuk dipublikasikan padajurnal yang lain..
  2. Berkas makalah sudah dalam format berkas dokumen Microsoft Word.
  3. Bila tersedia, URLs dari pustaka rujukan hendaknya dicantumkan.
  4. Isi makalah haruslah memenuhi aturan dan etika penulisan yang telah ditetapkan dalam  Author Guidelines, yang terdapat di About the Journal
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan artikel di jurnal ini setuju atas ketentuan-ketentuan berikut ini:

  1. Penulis  tetap memiliki copyright dan menyerahkan hak jurnal atas publikasi pertama dari naskah secara simultan dengan lisensi  Creative Commons Attribution License yang memungkinkan pihak-pihak lain membagikan naskah tersebut dengan pengakuan atas authorship dari naskah dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat memasukkan bahagian ke dalam perjanjian kontraktual tambahan untuk distribusi non-ekslusif dari versi terpublikasi dari naskah jurnal (contohnya, memasukkan pada  repository institusi atau publikasi pada buku), dengan pengakuan publikasi awalnya dalam jurnal ini
  3. Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repository institusi  atau di situs web mereka)  setelah  artikel penulis dipublikasikan oleh jurnal ini.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat surai yang dimasukkan dalam jurnal ini akan digunakan hanya dan hanya untuk kepentingan yang dimaksudkan di jurnal ini dan tidak akan diperuntukkan kepentingan lain atau pihak lain.

 


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.