“Religi” sebagai Pendekatan Desain untuk Fasilitas Wisata di Kota Gresik

Charisma Amanda
Submission Date: 2015-08-04 09:13:30
Accepted Date: 2016-01-21 09:23:01

Abstract


Abstrak—Rancangan fasilitas Wisata Religi Kota Gresik nerupakan salah satu penyelesaian dari sebuah isu di kota Gresik yang dikenal sebagai Kota Santri dan Kota Industri. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya Industri di kota Gresik menyebabkan budaya santri di kota Gresik semakin terkikis. Sehingga kota Gresik hanya dijadikan sebagai sebuah tempat penyimpanan artefak Islam semata dan lebih terkenal dengan predikat Kota Industri. Permasalahan inilah yang harus diselesaikan agar kota Gresik menjadi kota Industri yang sehat, sekaligus menjadi kota dengan budaya santri yang masih melekat dan menjadi kebangaan kota Gresik.

Untuk menjawab isu permasalahan di atas perancang mendesain sebuah fasilitas Wisata Religi Kota Gresik yang dapat mewakili keragaman budaya dan ciri khas kota Gresik. Dalam proses merancang, istilah “religi” digunakan sebagai pendekatan desain yang meliputi pendekatan hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, hubungan masusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam Semesta.

Hasil rancangan dicapai dengan menyediakan sebuah fasilitas Wisata Religi yang dapat menyeimbangkan dan menyatukan 3 wisata religi di kota Gresik.

Keywords


Kota Gresik; Religi; Wisata

References