Desain Interior Four Points Solo untuk Menampilkan Citra Hotel Bisnis Elegan Kontemporer dengan Sentuhan Budaya Jawa

Trivesti Laksmi Paramita
Submission Date: 2015-08-06 16:02:38
Accepted Date: 2016-01-21 09:30:49

Abstract


Kota Solo sebagai salah satu potensi pariwisata di sentral Jawa telah banyak kemajuan. Sebagai salah satu kota wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia, Solo melengkapi kemajuan infrastuktur kotanya dengan fasilitas penunjang, kemudahan akses dan akomodasi bagi para pebisnis. Hotel bisnis adalah hotel yang fasilitas utamanya dapat mengakomodasi seluruh kegiatan bisnis tamu hotel.

Four Points by Sheraton yang merupakan hotel bisnis dengan klasifikasi bintang empat hadir di tengah kota Solo. Dilengkapi fasilitas untuk mendukung kegiatan MICE, seperti business center, conference room, meeting room, hingga lounge dan restoran, Four Points Hotel Solo perlu memunculkan image yang lebih eksklusif untuk bersaing dengan hotel sejenis.

Konsep interior elegan kontemporer dipilih untuk memunculkan citra Four Points Hotel sebagai hotel bisnis yang berwibawa dan profesional. Dipadu dengan citra lokal Solo yaitu budaya Jawa, konsep ini diharap mampu mewujudkan misi Four Points Hotel yang selalu ingin menampilkan ciri budaya setempat pada tiap hotelnya.

Metode pengambilan data pada desain interior ini meliputi pengumpulan data yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Survei dan observasi langsung pada Four Points Hotel Solo untuk mengetahui kondisi dan aktivitas pada hotel bintang empat. Kemudian penggunaan kuesioner dan wawancara kepada tamu hotel, pengelola dan staf hotel untuk mengetahui kondisi Four Points Hotel Solo. Sedangkan studi pustaka mengenai hotel bisnis, hotel bintang 4, lobby, bar, president suite, kontemporer, dan budaya Jawa merupakan cara untuk mendapatkan data tentang standar perancangan, data pembanding dan referensi tentang objek yang diperlukan.

Dari data yang didapatkan akan diolah dan dianalisa, sehingga didapatkan konsep. Hasil yang diharapkan dari desain interior desain berupa  konsep  dan penerapannya pada desain interior Four Points Hotel Solo yang mampu mengakomodir kegiatan bisnis para tamu hotel maupun  menampilkan citra hotel bisnis yang elegan dan profesional dengan konsep kontemporer dengan sentuhan budaya Jawa.

Keywords


Hotel Bisnis; Jawa; Kontemporer; MICE

References