Pemodelan Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Metode Geographically Weighted Regression di Jawa Timur

Putu Laksmita Ari Dewi, Ismaini Zain
Submission Date: 2016-01-25 08:13:29
Accepted Date: 2016-04-28 10:46:38

Abstract


Provinsi Jawa Timur menempati urutan pertama sebagai provinsi yang mengalami kecelakaan lalu lintas paling banyak di Indonesia pada tahun 2011, 2012, 2013. Berdasarkan fakta dan penelitian terdahulu, diketahui bahwa kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh faktor yang bervariasi di setiap daerah, sehingga digunakan pemodelan menggunakan metode Geographically Weighted Regression. Variabel yang diduga mempengaruhi angka kecelakaan lalu lintas di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur adalah kepadatan penduduk, persentase usia remaja, persentase kecelakaan terjadi di kawasan jalan kabupaten/kota, persentase pendidikan terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP, rasio jenis kelamin dan persentase kecelakaan terjadi pada waktu gelap. Berdasarkan hasil analisis, data telah memenuhi asumsi heterogenitas spasial pada pengujian Breusch Pagan dengan P-value sebesar 0,009. dan terdapat dependensi spasial berdasarkan uji Moran’s I dengan P-value sebesar 0,03. Fungsi pembobot yang digunakan pada penelitian ini adalah fungsi pembobot Fixed Bisquare dengan bandwidth sebesar 1,67 . Terjadi peningkatan nilai R2 menjadi 52,80 persen pada model GWR dan penurunan nilai SSE menjadi 14,22. Sehingga, pada kasus ini model GWR lebih baik dalam memodelkan dibanding model OLS. Faktor kepadatan penduduk dan persentase pendidikan terakhir pelaku kecelakaan di atas SMP menjadi faktor yang signifikan mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di setiap kabupaten/kota di Jawa Timur dengan taraf signifikansi sebesar 5 persen.

Keywords


Dependensi Spasial;Heterogenitas Spasial;GWR;Kecelakaan Lalu Lintas;R2;SSE

References


Warpani, S. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB.

Wijayanti, L.A. 2014. Pemanfaatan Citra Quickbird dan Sistem Informasi Geografis Untuk Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan, Daerah Kajian: Kota Semarang, Jawa Tengah. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Erdogan, Saffet. 2009. Exploative Spatial Analysis of Traffic Accident Statistics and Road Mortality among The Provinces of Turkey. Journal of Safety Research. Vol 40: hal 341-351.

Zheng, L., Robinson, R.M., Khattak, A. & Wang, X. 2011. All Accidents are Not Equal: Using Geographically Weighted Regressions Models to Asses and Forecast Accident Impacts, Indianapolis, USA: 3rd International Conference on Road Safety and Simulation

Walpole, R.E. 1993. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Fotheringham, A.S., Brundson, C., & Charlton, M. 2002. Geographically Weighted Regression.Chichester, UK : Jhon Wiley & Sons.

Gumawang, J. 2015. Kajian Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Sebagian Ruas Jalan di Kota Tangerang Secara Spasial. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Goodwin, G.C., Schoby, J., & Council W. 2014. A Hot Spot Analysis of Teenage Crashes: An Assessment of Crashes in Houston, Texas. Texas: Texas Southern University.

Wahyuningtyas, F. 2013. Perbedaan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wedagama, D.M.P. 2010. Metode Elipsoida Kesalahan Sebagai Metode Alternatif untuk Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 14 No.1.

Soediono, W. & Handoko, D. 2004. Pemodelan dan Simulasi Antrian Kendaraan di Gerbang Tol. Prosiding Semiloka Teknologi Simulasi dan Komputasi serta Aplikasi 2004.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.