Perancangan Promosi Gupalas Untuk Memperkenalkan Produk Kepada Target Audiens Ibu Muda

Weda Putri Wijaya, R Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-08-03 17:29:41
Accepted Date: 2017-01-19 09:50:36

Abstract


PTPN XI merupakan BUMN dengan core bisnis gula yang berada di Surabaya .PTPN XI memproduksi gula dalam bentuk bulk (karung) .Saluran distribusinya mencakup wilayah Jawa timur untuk memenuhi kebutuhan gula di Jawa timur. Salah satu cara untuk memenuhi keuntungan agar dapat hidup berkelanjutan PTPN XI meluncurkan produk gula premium dengan brand Gupalas. Gupalas didistribusikan ke seluruh jawa timur, namun dengan produk yang menyasar kaum menengah keatas produk ini belum dikenal. Karena telah banyak pesaing di industri gula premium Gupalas memperlukan promosi untuk memperkenalkan diri ke masyarakat terutama ke target audiens produk Gupalas yaitu ibu muda menengah keatas. Solusi permasalahan ini adalah dengan merancang promosi untuk Gupalas ini untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan awareness masyarakat Surabaya terutama target audiens nya ibu muda karena ibu adalah decision maker dalam urusan kebutuhan konsumsi rumah tangga. Perancangan promosi ini mengusung tema “sahabat manismu” dan diharapkan dapat melekat di benak audiens dimana Gupalas adalah campuran makanan dan minuman yang tepat saat dinikmati bersama orang tersayang.Dengan gaya visual Ilustrasi sketsa black and white diharapkan dapat mencuri perhatian audiens dan memberikan diferensiasi terhadap produk gula premium sejenis.

Keywords


Iklan; Ilustrasi; Promosi

References


Adam Morioka, Terry Stone, Color Design Workbook- Real World Guide To Using color In Graphic Design.

Hermawan Kartajaya, How to Win Mom Market In Indonesia, 2005, Gramedia Pustaka Utama

Jim Krause, Color Index, 2004,

John C. Mowen, Michael Minor, Perilaku Konsumen jilid 1 Edisi ke 5 ,Penerbit Erlangga

Ken Burtenshaw, Nik Mahony, Caroline Barfoot, 2005, The Fundamental Of Creative Advertising,

Ava May Lwin, Jim Aitchison, 2006, Clueless In Marketing Comunication, Buana ilmu popular Philip Kotler, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemsaran Edisi 12 jilid 2, Indeks

Surianto Rustan, 2009, Lay Out dan Dasar Penerapannya, Gramedia Pustaka Utama


Full Text: PDF ()

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.