Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya)

Bella Harum Ashari, Berto Mulia Wibawa, Satria Fadil Persada
Submission Date: 2017-01-19 12:40:11
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:10

Abstract


Perkembangan pengguna situs jejaring sosial di Indonesia telah memunculkan suatu paradigma e-commerce baru yang disebut social commerce (s-commerce). Salah satu media s-commerce yang digunakan untuk memfasilitasi jual beli produk adalah Instagram. Permasalahan yang menjadi keterbatasan dalam belanja online adalah pemahaman peritel online terhadap karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen online shop di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang terhadap 231 responden dari 6 Universitas di Kota Surabaya yang pernah berbelanja di online shop di Instagram. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah konsumen yang berupa mahasiswi cenderung memiliki pengeluaran untuk belanja online per bulan dibawah Rp. 300.000, dan mayoritas repsonden mengutamakan faktor harga produk yang murah. Oleh karena itu peritel online harus memperhatikan faktor harga produk sehingga akan dapat memunculkan niat beli bagi konsumen.

Keywords


Analisis Deskriptif; Tabulasi Silang; Instagram; S-Commerce.

References


APJII. (2014). Internet. Retrieved from Survei BPS: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2013 Tembus 71 Juta Orang: http://harianti.com/survei-bps-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2013-tembus-71-juta-orang/

Kim, S., & Park, H. (2013). Effects of various characteristics of social commerce (s-commerce) on consumers’ trust and trust performance. International Journal of Information Management, 33(2): 318-332.

Wijaya. (2016). Instagram Users Ages 18-35 in Indonesia Who Follows Digital Retailers on Instagram by Types. https://www.emarketer.com/Article/Instagram-Users-Indonesia-Follow-Fashion/1013618

Weitz, B. E. (2005). Electronic Retailing. University of Florida, Gainesville, USA, 1-15.

Levy, & Weitz. (2001). Retailing Management 4th Edition. New York: McGraw Hill, Irwin.

Nanehkaran, Y. A. (2013). An Introduction to Electronic Commerce. International Journal of Scientific and Technology Research, 2(4): 1-4.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). E-marketing Exellence. Planning and optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.

Turban, E., & King, D. (2011). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives (7th Edition) . USA: Pearson.

Marsden, P. (2010). Social commerce: Monetizing social media. Syzygy Group.

Park, M.S., Shin, J.-K., & Ju, Y. (2014). Social networking atmosphere and online retailing. Journal of Global Scholars of Marketing Science, 24(1): 89-106.

Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Sarwono, J. (2009). Statistik Itu Mudah: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2007). Marketing Reseacrh: An Applied Approach (3rd Europe ed). UK: Pearson Education Limited.

Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.