Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Taxi Ride Sharing: Studi Kasus Perusahaan Taxi Ride Sharing

Gaby Olivia Djaswadi, Berto Mulia Wibawa, Aang Kunaifi
Submission Date: 2017-07-28 14:00:13
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:18

Abstract


Perkembangan layanan transportasi umum di Indonesia saat ini semakin beragam dan sangat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satu transportasi umum yang memiliki banyak pengguna adalah taxi ride sharing. Permasalahan yang menjadi penghambat eksistensi perusahaan adalah niat beli, dapat dikarenakan adanya daya tawar konsumen yang tinggi sehingga membuat konsumen mudah beralih dari satu merek ke merek lain apabila perusahaan tidak mampu menyesuaikan keinginan atau harapan dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen taxi ride sharing. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang terhadap 171 responden di Kota Surabaya yang pernah menggunakan taxi ride sharing dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah mayoritas konsumen yang didominasi oleh perempuan cenderung memiliki pengeluaran kurang dari Rp 100.000 untuk menggunakan taxi ride sharing setiap bulannya dan mayoritas responden memilih taxi ride sharing karena faktor promosi/diskon. Perusahaan taxi ride sharing perlu memperhatikan strategi yang efektif dan efisien agar konsumen tertarik menggunakan taxi ride sharing dan inovasi dalam hal promosi/diskon sehingga timbul niat beli konsumen.

Keywords


Taxi Ride Sharing; Analysis Deskriptif; Analysis Tabulasi Silang

References


Suslo, E. (2016, September 21). Retrieved Februari 26, 2017, from 6 Key Success Factors Behind Uber Growth: https://taxistartup.com/blog/6-key-success-factors-behind-uber-growth/#.

CNN Indonesia. (2016, Maret 15). Berita Teknologi Informasi. Retrieved Februari 26, 2017, from Anthony Tan, Pendiri Grab yang Mendukung dan Menggoyang Taksi: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160314152202-185-117313/anthony-tan-pendiri-grab-yang-mendukung-dan-menggoyang-taksi/.

Isroi. (2016, Maret 23). Aplikasi Transportasi Online: Pendapat Konsumen. Retrieved Juli 21, 2017, from Kompasiana: http://www.kompasiana.com/abimosaurus/aplikasi-transportasi-online-pendapat-konsumen_56f187ebc222bd4f166b5307Wardani, A. S. (2017, Januari 12). 95 Persen Orang Indonesia Install Aplikasi Media Sosial di Ponsel. Retrieved Maret 21, 2017, from Liputan6: http://tekno.liputan6.com/read/2823721/95-persen-orang-indonesia-install-aplikasi-media-sosial-di-ponsel.

Baderi, F. (2017, Maret 10). Publik Butuh Taksi Online. Retrieved Juli 21, 2017, from Harian Ekonomi Neraca: http://www.neraca.co.id/article/82241/publik-butuh-taksi-online

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Howard, J. A. (1994). Buyer Behavior in Marketing Strategy, 2nd Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Engel. (2000). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jidil I. Jakarta: Binarupa Aksara.

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research: an Applied Approach (3rd ed.). UK: Pearson Education Limited.

Hair, J. F., Babin, B., Money, A., & Samouel, P. (2003). Essentials of Business Research Methods. Denver: Leyh Publishing.

Ashari, B. H., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya). Jurnal Sains dan Seni ITS , 6 (1), 12-16.

Putri, A., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Produk Kosmetik Kategori Merek Mewah : Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya. Jurnal Sains dan Seni , 7.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.